Thursday, April 25, 2013

Profil Konsep "STRATEGI PROMOSI PADA ADI WARNA FOTO STUDIO JAKARTA"



1.1.Latar Belakang
Pemasaran adalah satu kegiatan inti yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk  bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Hal ini dilakukan karena persaingan dunia bisnis saat ini makin ketat, terutama perusahaan-perusahaan yang melakoni bisnis di bidang yang sama.
Tanpa pemasaran, perusahaan tidak dapat memasarkan barang/jasa yang dihasilkan, karena konsumen tidak mengetahui barang/jasa tersebut, sehingga tidak ada yang akan membelinya. Banyak perusahaan yang menggunakan pemasaran untuk berlomba – lomba memasarkan produknya kepada konsumen. Seperti produk minuman ion Pocari Sweat yang mempromosikan minuman dengan iklan yang menarik, fokus pada target pemasaran yang telah ditentukan. Kegiatan promosi ini sukses karena kekreatifan dalam promosi dan menganalisis masalah secara strategis yang memberikan dampak positif bagi perusahaan.
Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk, jenis produk, ciri-ciri produk dan manfaat produk tersebut. Promosi biasanya dilakukan dengan cara  iklan yang merupakan media satu arah.
Strategi promosi sangat perlu dilakukan oleh suatu perusahaan, karena adanya peningkatan kompleksitas dan luasan pasar sasaran. Pemakaian strategi promosi harus tepat, dalam hal ini perusahaan harus melihat ke-efektifan serta ke-efisienan yang maksimal untuk menggunakan strategi promosinya.
Dengan melihat pengaruh dari promosi itu sangat penting, maka kami ingin mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Adi Warna Foto Studio di Jakarta.

1.2.Masalah dan Persoalan Penelitian
Berdasarkan kenyataan yang ada, permasalahan yang muncul adalah ketatnya persaingan dalam bisnis Fotografi. Karena hal ini, perusahaan harus memiliki strategi promosi yang dapat menarik konsumen untuk menggunakan jasa tersebut. Berdasarkan masalah penelitian yang telah dirumuskan maka persoalan penelitian sebagai berikut :
1.      Bagaimana strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta?

1.3.Tujuan dan Manfaat Penelitian
 Tujuan penelitian adalah untuk menjawab semua persoalan yang telah diuraikan pada persoalan penelitian. Maka tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta.

Manfaat dari penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pengembangan strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis.


BAB II
KERANGKA TEORITIS


2.1.Definisi Strategi Promosi
Strategi promosi adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut. (Kotler 1986).
Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
Sementara Sistaningrum (2002 : 98) mengungkapkan arti promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi ”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang.
Strategi promosi adalah perencanaan, implementasi dan pengendalian dari komunikasi organisasi dengan pelanggan dan target pendengar yang lain. Strategi bauran promosi mengkombinasikan periklanan,penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat menjadi program yang terkoordinasi untuk berkomunikasi dengan pembeli/pelanggan dan pihak lain yang terlibatdalam keputusan pembelian, strategi bauran promosi meliputi keputusan dalam tujuan komunikasi, anggaran promosi dan ketentuan berbagai komponen dalam bauran promosi.
            Kotler (2000) mengemukakan bahwa bauran promosi sebagai media komunikasi pemasaran memiliki lima kegiatan utama yaitu periklanan (advertising), penjualan secara personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas dan hubungan masyarakat (publicity and public relations), pemasaran langsung (direct marketing). Penjelasan dari masing-masing point, sebagai berikut :
1.      Periklanan
Periklanan merupakan semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor (Kotler, 2000). Iklan digunakan oleh perusahaan guna menginformasikan, menarik, dan mempengaruhi orang.

2.      Publisitas (Publicity)
Shimp (2000) menyatakan publisitas adalah sejumlah informasi mengenai orang, barang atau organisasi yang disusun dalam ruang editorial suatu media tanpa dipungut biaya untuk dibaca, dilihat atau didengar oleh para konsumen atau calon konsumen dengan maksud khusus untuk mencapai tujuan penjualan. Publisitas dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Publisitas dan humas berfungsi sebagai mediator antara perusahaan dan masyarakat luas.
3.      Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Penjualan perorangan (personal selling) adalah bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga penjual atau wiraniaga menginformasikan, mendidik, dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk atau jasa perusahaan (Shimp, 2000).
4.      Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Menurut Shimp (2000), promosi penjualan terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadi aksi pembelian suatu produk dengan cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat. Promosi penjualan diarahkan baik untuk perdagangan (kepada pedagang besar dan pengecer) maupun kepada konsumen. Promosi penjualan yang berorientasi perdagangan memberikan berbagai jenis bonus untuk meningkatkan respon dari pedagang besar dan pengecer. Promosi penjualan berorientasi konsumen menggunakan kupon, premium, contoh gratis, kontes atau undian, potongan harga setelah pembelian, dan lain-lain.
Kotler (2000), menyebutkan tiga manfaat promosi penjualan sebagai berikut :
a.       Alat komukasi
Promosi penjualan menarik perhatian dan memberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen kepada produk bersangkutan.
b.      Memberikan insentif
Promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen.
c.       Mengajak
Promosi penjualan merupakan ajakan untuk melakukan transaksi pembelian.
5.      Pemasaran Langsung (direct marketing)
Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif yang menggunakan satu atau beberapa media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi (Kotler, 2000). Pemasaran langsung, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada konsumen tingkat individu, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi konsumen yang bersangkutan.


2.2.Pengukuran Konsep
Definiendum
Strategi Promosi
Definiens
Aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut.
Genus Proximum
Aktivitas
Differentia Spesifica
Yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut.
Aras Ukur
Ordinal
Macam Konsep
Variabel
Sub Konsep
Mengkomunikasikan produk   Membujuk pelanggan dan Konsumen
Indikator Empiris
Periklanan, publisitas,              Personal selling, sales promotion
pemasaran langsung

Konsep dasar
Dimensi konsep
Indikator Empiris Atas Dasar Dimensi Promosi
Perusahaan :
Adi Warna Foto Studio Jakarta
Strategi Promosi Perusahaan
Strategi Promosi
Mengkomunikasikan Produk
1. Apa tujuan perusahaan “ Adi Warna Foto Studio Jakarta “ mengkomunikasikan produknya?







2.Bagaimana cara perusahaan “Adi Warna Foto Studio Jakarta” mengkomunikasikan produknya?
1.       Mengkomunikasikan produknya agar konsumen mengenal produk yang disediakan oleh adiwarna khusunya dalam produk jasa fotografi untuk prewedding dan pembuatan album. Sehingga konsumen mendapatkan informasi yang cukup untuk memutuskan penggunaan produk jasa adiwarna.

2.       Cara perusahaan adiwarna photostudio mengkomunikasikan produknya dengan menyebarkan brosur kepada konsumen, membuat pameran yang menarik dengan lokasi banyak pengunjung, membuat account jejaring sosial seperti facebook untuk memperkenalkan produk yang ada di adiwarna photostudio,serta mengadakan pertemuan dengan konsumen untuk menjelaskan produk2 yg akan diberikan secara detail.

Membujuk pelanggan dan konsumen
1.Apa tujuan Perusahaan “ adi Warna Foto Studio Jakarta” membujuk pelanggan dan konsumen?




2.Bagaimana cara prusahaaan “Adi Warna Foto Studio Jakarta” membujuk pelanggan dan konsumen?
  1. Adiwarna photostudio membujuk konsumen dengan tujuan agar konsumen mau membeli produk yang disediakan perusahaan serta mengenal produk tersebut.
  2. Cara adiwarna photostudio membujuk pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas,serta tidak mengecewakan pelanggan agar pelanggan mau menggunakan kembali produk dari adiwarna photostudio dan mempublikasikan produk adiwarna kepada teman atau saudara pelanggan. Memberikan informasi yang jelas,serta layanan costumer service yang ramah dan profesional.










































































BAB III
METODE PENELITIAN


3.1.Obyek Penelitian
            Obyek penelitian yang akan diteliti adalah Adi Warna Foto Studio di Jakarta.
3.2.Metode Penelitian
            Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sehingga data dalam penelitian adalah data kualitatif. Data kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang – orang tersebut dalam bahasanya (Kirk dan Miller, 1986).

No comments:

Post a Comment

loading...