Thursday, April 18, 2013

Lini Produk "susu"



I.       Sabun Susu
1.      Deskripsi produk
Untuk melakukan ritual mandi susu  sekarang kita tidak perlu lagi pergi ke salon atau spa dan mengeluarkan biaya yang besar dan meluangkan waktu khusus untuk melakukan ritual mandi susu untuk menjaga kecantikan kulit.
Kini Naraya Milk Soap, sabun susu sapi murni, produksi CV Glorius, Cirebon, Indonesia hadir sebagai solusi untuk semua orang yang ingin memiliki kulit mulus dan cantik dengan biaya murah dan tanpa harus meluangkan waktu khusus.
Dengan menggunakan Naraya Milk Soap, Sabun Susu Sapi Murni setiap hari, kita dapat merasakan sensasi mandi susu setiap saat kita mandi, hasilnya kulit mulus dan cantik akan kita dapatkan dengan mudah dan murah.
Naraya Milk Soap hanya menggunakan bahan-bahan alami ter
pilih yang menjadikan Naraya Milk Soap sebagai Sabun Susu Sapi terbaik produksi dalam negeri.

2.      Kebutuhan pasar  dan tantangannya
Konsumen sangat butuh sabun untuk keseharian mereka. Namun tidak semua sabun cocok dengan kulit. Naraya Milk Soap menawarkan produk yang multi fungsi, bukan hanya untuk badan tetapi  Naraya juga cocok untuk wajah. Inilah yang menjadi salah satu trik untuk memikat konsumen. Namun dalam pemasaranya terdapat beberapa kendala, diantaranya banyak merk sabun yang lebih menawarkan kemewahan, serta wangi yang memikat.
3.      Target pasar
Semua kalangan,baik anak anak , remaja , maupun dewasa
4.      Fitur kunci/utama
1. BUSA SEDIKIT, busa yang sedikit sering menjadi pertanyaan konsumen, penyebab sedikitnya busa Naraya Milk Soap karena bahan-bahan yang menjadi bahan baku Naraya Milk Soap adalah bahan-bahan alami. Busa yang sedikit didapat dari NaOH yang diberikan sedikit untuk menghasilkan sedikit busa.

2. WANGI KURANG, Aroma yang dominan dari Naraya Milk Soap adalah aroma susu berpadu dengan wangi melati, kuatnya aroma susu sapi murni akan tetap dominan dibandingkan dengan pewangi.
5.      Manfaat utama






Sabun naraya milk soap dapat mencerahkan muka kusam, mengurangi flek hitam pada wajah, menghilangkan bekas cacar, jerawat, komedo, gatal-gatal, bau badan, serta menjadikan kulit bersih dan lembut sepanjang hari. Jadi tidak usah merasa takut karena naraya milk sopa cocok untuk segala jenis kulit
6.      Proposisi nilai
Setelah memakai NARAYA Milk Soap secara bertahap kulit  menjadi lebih besih, lebih cerah, NARAYA Milk Soap memang sangat baik untuk semua jenis kulit dengan harga yang terjangkau tetapi manfaat yang didapatkan susah dijangkau oleh sabun lainnya
7.      Keunggulan kompetitif
* Aman dan tidak mengandung mengandung kimia
* Sesuai untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering dan sensitif
* Dapat digunakan pada kulit wajah maupun badan
* Sertifikat Halal MUI Nomor : 01151041440609
* Sertifikat BPOM POM C A18100504101
8.      Ringkasan teknologi
  1. masker - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.
  2. Kacamata - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.
  3. sarung tangan karet - Dipakai selama pembuatan sabun.
  4. Botol plastik - Untuk wadah air.
  5. Timbangan (dengan skala terkecil 1 atau 5 gram).
  6. Kantong plastik kecil - Untuk menimbang NaOH/KOH.
  7. Sendok stainless steel atau plastik-polipropilen - Untuk menuangkan NaOH / KOH dan mengaduknya.
  8. Wadah dari gelas atau plastik-polipropilene - Untuk tempat larutan NaOH/KOH dengan air.
  9. Wadah dari plastik - Untuk menimbang serta tempat air dan minyak.
  10. Kain - Untuk menutup cetakan setelah diisi sabun.
  11. Plastik tipis - Untuk melapisi cetakan.
  12. Cetakan.
  13. Blender dengan tutupnya.
  14. Kain - Untuk menutup blender.

9.      Kategori produk
Sabun
10.  Distribusi
NARAYA Milk Soap, di distribusikan  dengan cara memberikan peluang usaha kepada siapa saja yang ingin menjadi distributor.  syarat yang mudah dan minimal pembelian dan target penjualan yang terjangkau,di buat sedemikian rupa agar dapat memberikan peluang bismis kepada semua orang.
11.  Harga
100 rb/lusin
10 rb/pcs
12.  Latarbelakang perusahaan/produsen
Berawal dari peternakan sapi perah di Bogor, pendiri CV Glorius memulai usaha. Susu sapi yang melimpah saat itu hanya diserap oleh perusahaan pengolahan susu dengan harga yang telah mereka tentukan. Perusahaan  pun berfikir untuk mengolah susu sapi murni ini menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah ekonomis tinggi, dan dapat menjadi peluang usaha kepada banyak orang.

Tahun 1987 pendiri cv Glorius mendapat kesempatan mengikuti pendidikan teknologi pengolahan susu sapi yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations, dari sana kami mendapatkan beberapa alternatif
pengolahan susu sapi murni diantaranya : mengolah susu menjadi keju, mentega, dan sabun. Pilihan pun jatuh kepada sabun dengan pertimbangan teknologi yang digunakan sederhana, investasi yang terjangkau, serta pangsa pasar sabun yang lebih luas di Indonesia dibandingkan dengan keju dan mentega. 

Berbekal formula pembuatan sabun dengan bahan dasar susu sapi murni yang diajarkan oleh salah seorang instruktur yang berasal dari Selandia Baru pada pelatihan pengolahan susu sapi yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations tersebut, pendiri cv Glorius mencoba membuat sabun dengan bahan dasar  Susu Sapi murni  untuk konsumsi sendiri. Setelah beberapa lama mereka menggunakan sabun susu sapi produksi sendiri, banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan sabun susu, antara lain, flek hitam pada wajah yang berangsur-angsur berkurang, kerutan pada ujung mata yang berkurang, kulit wajah terasa kencang tapi tetap kenyal, kulit seluruh tubuhpun terasa lebih bersih dan lembab tapi tidak berminyak.
Setelah merasakan manfaat dari sabun susu sapi buatan sendiri, pendiri mulai memberikan secara gratis kepada kalangan terbatas terutama keluarga dan teman-teman  untuk mencoba dan merasakan manfaat dari sabun susu sapi buatan sendiri. Hasilnya sangat menggembirakan  semua merespons positif manfaat sabun susu sapi ini, dari konsumen yang telah menggunakan Naraya Milk Soap beberapa telah menceritakan testimoninya ke perusahaan.

Setelah yakin akan kualitasnya, pendiri mulai memproduksi dengan skala rumah tangga dan memasarkan sabun susu sapi  produksi sendiri ini dengan cara penjualan langsung door to door. Merk yang kami gunakan saat itu adalah
Milk Soap.
Seiring perkembangan permintaan, pendiri pun mulai mengurus legalitas produk, dimulai dari izin produksi kosmetik dari Departemen Kesehatan, pendaftaran merk, sertifikat halal dari MUI, dan yang terakhir izin edar dari BPOM.
13.  Kontak informasi
Telp : 021-93062574
e-mail : mkt@narayamilksoap.com

14.  HaKi
Sudah di patenkan


II.    Ice Cream
1.      Deskripsi produk
Es krim adalah campuran, rasa manis didasarkan pada produk susu yang telah berubah solid melalui titik beku."
     Es krim merupakan makanan beku yang dibuat dari
produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis
2.      Kebutuhan pasar  dan tantangannya
Es krim sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan memiliki tekstur yang lembut. Es krim adalah jenis frozen dessert paling populer dan juga paling tinggi kandungan lemaknya. Meskipun memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, es krim tetap digemari oleh masyarakat di dunia.  Tantangan bagi perusahaan saat ini adalah mempertahankan dan memperbanyak jumlah konsumen maupun memperluas pasarannya. Dalam Memperluas Pasar dibutuhkan kualitas. Kualitas merupakan salah satu komponen terpenting dari value. Johnson dan Weinstein (2004) berpendapat Value merupakan kombinasi produk harga dan kualitas layanan. Dalam menarik minat konsumen baru perusahaan harus senantiasa melihat kualitas guna dapat meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

3.      Target pasar
anak-anak Sekolah Dasar dan anak-anak remaja. Anak-anak dan remaja lebih menyukai es krim dengan berbagai rasa dibanding es krim dengan rasa hambar (natural ice cream).
4.      Fitur kunci/utama
1.      perusahaan  menawarkan produk yang unik, dengan perpaduan antara es krim modern dengan kuliner tradisional nusantara, dengan tetap mengutamakan cita rasa.
2.      Distribusi langsung dengan menggunakan MoKrim (mobile es krim), merupakan cara kami untuk lebih mendekatkan diri ke pelanggan, sehingga pelanggan dapat menjangkau es krim ini dengan mudah.
3.      Pengemasan yang menarik minat pembeli, dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan
5.      Manfaat utama
MANFAAT BAGI KESEHATAN
Menjaga kesehatan jantung.
Mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid berhubungan erat dengan rendahnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Diduga, kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Flavonoid pada cokelat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.
Merangsang sistem kekebalan tubuh.
Dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh), maka cokelat bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan risiko terkena kanker payudara.
Berdasarkan penelitian Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi 3 gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause.
6.      Proposisi nilai
Pendapat salah tentang Es Krim
1. Keliru bila Anda mengatakan es krim adalah penyebab batuk dan pilek. Lelehan es krim yg masuk ke dalam mulut diakibatkan oleh pengaruh suhu tubuh. Oleh karena itu saat es krim masuk ke dalam kerongkongan suhunya pun sudah tidak dingin.
2. Angapan Bahwa Cokelat penyebab utama kerusakan pada gigi (karies). Kerusakan gigi pada umumnya akibat sisa-sisa makanan yg tidak dibersihkan. Untuk menghindarinya, biasakan menggosok gigi segera setelah mengonsumsi cokelat.
3. Larangan memakan es krim saat sakit juga merupakan anggapan yg salah. Pada saat sakit tubuh kita membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Es krim yg mengandung banyak air sangat berguna sebagai penyedia cairan tubuh. Yang tidak boleh adalah, orang sakit yg menderita radang ternggorokan, asma dan amandel, karena dgn suhu tinggi dapat membuat penyakit tersebut kambuh.
4. Es krim biang keladi kegemukan, itu salah. Kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan. Sementara kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat kecil yaitu sekitar 10% dari total kebutuhan energi/hari dan 15% dari total kebutuhan lemak/hari.
7.      Keunggulan kompetitif
Es krim produk ini  mempunyai keunikan dibandingkan dengan es krim produk lain, dan itu menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan untuk modal bersaing dengan industri es krim yang lain. Keunikan es krim kami ada pada perpaduan antara es krim dengan cita rasa modern dipadukan dengan kuliner tradisional nusantara.
8.      Ringkasan teknologi
Dalam penggunaan teknologi es krim yang konvensional, es krim diproduksi pada suhu 5 derajat Celcius setelah didinginkan terlebih dulu dalam tempat penyimpanan dengan temperature -25 derajat Celcius. Sayangnya, pada saat pendinginan, gelembung udara dalam es krim bersatu yang berarti hilangnya rasa krim dalam produk es krim tersebut. Hilangnya rasa krim dapat digantikan dengan lemak yang lebih tinggi yang terkandung dalam es krim, tetapi ini bukanlah apa yang diinginkan konsumen. Mereka ingin menikmati es krim tanpa merasa bersalah karena kepedulian terhadap kesehatan.
9.      Kategori produk
Es krim merupakan salah satu produk olahan yang siap saji. Produk instan beku ini bergizi tinggi karena kaya akan protein dan bermanfaat bagi pencernaan tubuh.
Kemasan merupakan salah satu alat pemasaran yang penting. Dalam pemasaran produk es krim yang dihasilkan, digunakan kemasan cup plastik dengan ukuran 200 ml. Pemilihan kemasan ini bertujuan untuk memudahkan konsumen yaitu anak Sekolah Dasar (SD) dan anak-anak remaja dalam membeli dan mengkonsumsi produk. Selain itu, penggunaan kemasan ini juga akan memperkecil biaya produksi dibandingkan bila harus menggunakan kemasan khusus. Jenis es krim yang dihasilkan adalah rasa strawberry, cokelat dan vanilla.
10.  Distribusi
Untuk memasarkan produk es krim, kami merencanakan untuk melakukan pemasaran melalui pengecer di Sekolah Dasar dan Menengah di wilayah sekitarnya. Pengecer dapat berupa kantin-kantin sekolah maupun pengecer perorangan yang ada di sekolah tersebut. Selain itu, untuk pemasaran pada konsumen umum dipasarkan kepada pengecer di pasar-pasar sekitar.
11.  Harga
Harga yang diterapkan perlu disesuaikan dengan manfaat yang diterima dari produk susu. Penetapan harga ditentukan dengan pertimbangan biaya operasional dan harga produk sejenis dengan merek lain agar tidak kalah bersaing dalam soal harga. Harga yang ditetapkan adalah Rp. 1.900 per ukuran 200 ml. Penetapan harga ini sesuai dengan biaya produksi dan target yang merupakan siswa Sekolah Dasar dan Menengah.


  • Perhitungan Harga Pokok :
HPP = Total biaya operasional / tahun
Produksi / tahun
HPP = Rp. 475.542.700 = Rp. 1.355
Rp. 351.000
Harga pokok penjualan (HPP) tersebut diasumsikan dengan dibulatkan menjadi Rp. 1.355 per cupnya.
  • Perhitungan Harga Jual :
Harga jual es krim diperoleh dari harga pokok penjualan (HPP) ditambah dengan asumsi keuntungan yang diharapkan, dimana asumsi keuntungan tersebut sebesar 35 %.
Harga jual = HPP + (HPP x Presentase keuntungan)
Harga jual = Rp. 1.355 + (Rp. 1.355 x 35 %) = Rp. 1.829 per cup.
12.  Latarbelakang perusahaan/produsen
Di Indonesia, es krim adalah salah satu jenis makanan kecil yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat pada saat ini adalah eskrim dijual mulai supermarket sampai warung. Es krim ini biasanya sebagai makanan kecil di sela waktu makanan utama maupun sebagai pencuci mulut yang dapat dikombinasikan dengan jenis makanan lain dalam menghidangkannya. Dengan demikian memungkinkan konsumen untuk lebih sering mengkonsumsi es krim,  terlebih pada musim kemarau. Mengingat konsumen es krim terdiri dari berbagai kalangan usia dan sosial, berarti industri es krim memiliki peluang pasar yang luas sehingga banyak bermunculan produsen-produsen es krim lainnya di pasaran. PT. Unilever Tbk sebagai produsen es krim  yang menawarkan produknya dalam berbagai jenis rasa dan ukuran secara satuan. PT Unilever Tbk juga menawarkan dalam kemasan besar (kemasan keluarga) dengan rasa beranekaragam tentunya memberikan alternatif bagi konsumen. Selain distribusi yang cukup luas serta rasa yang cukup bervariasi membuat es krim tetap menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat.

13.  Kontak informasi
Pusat Jakarta
  • PT. Toko Mesin Maksindo 
  • Show Room Jakarta : Komplek kantor dan pergudangan BIZ PARK Ciputra A2 No. 16, Pulogadung, Jakarta Timur (Jl. Bekasi Raya km 21, Pulogadung Jakarta Timur) 
  • Via Telp. 021-468 35 774, 021-468 35 767, 021-468 361 37, HP/SMS 08123386165 
  • fax. 021-468 361 57 
Email : sales[at]tokomesin.com
14.  HaKi
Pada 1905,  anak berusia 11 tahun bernama “Frank Epperson” ini lupa memindahkan soda dari alat pemutarnya semalam suntuk. Hari berikutnya, Epperson mengaduk adonan soda dengan tongkat kecil namun sebentuk campuran air beku menempel dan menciptakan es krim pertama.
Karena ketidak sengajaannya itu pula,  hampir dua puluh tahun kemudian, Epperson dewasa memiliki hak paten untuk membuat es krim dan es loli pertama


III. Keju
1.      Deskripsi produk
keju adalah produk yang dibuat dengan cara mengkoagulasikan kasein susu, susu krim atau susu yang kaya dengan krim. Koagulasi dapat dilakukan dengan koagulasi garam, asam atau enzim, pemekatan atau kombinasinya.  Jenis-jenis keju : Keju Mozzarella, Keju Emmental, keju krim, keju Gouda, Keju Edam, keju  Provolone, keju  Pecorino, dll
2.      Kebutuhan pasar  dan tantangannya
Keju sangat diminati oleh pecinta makanan ala barat, karena makanan dengan campuran keju dirasa lebih nikmat, dan lebih bergizi. Jadi, keju sangat besar peluang untuk penjualannya.
3.      Target pasar
masyarakat menengah keatas
4.      Fitur kunci/utama
Tingkat waktu fermentasi yang pas
5.      Manfaat utama
kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah : Profil asam amino dalam keju cukup lengkap untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh dan tulang, Kaya riboflavin yang bermanfaat membantu metabolisme karbohidrat dan menjaga kesehatan membran mukosa, Kaya vitamin B12 dan asam folat dalam keju yang bermanfaat membantu sintesa DNA, pematangan sel darah merah dan menjaga fungsi syaraf, Kaya vitamin A yang penting bagi indra penglihatan, kesehatan kulit, jaringan permukaan dan perlindungan terhadap infeksi, Kaya selenium yang penting untuk sintesa suatu enzim antioksidan, Kaya fosfor yang bermanfaat sebagai pembentuk ATP untuk produksi energi, pembentuk tulang dan gigi dan keseimbangan asam basa, Kaya kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah, menjaga fungsi saraf, otot dan irama jantung, Keju juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu meredakan setress, membantu tidur dan mengurangi sindrom pra menstruasi,  Kandungan kalori dan karbohidratnya juga sangat rendah sehingga cocok sebagai makanan diet, Mengandung banyak mineral sehingga sangat baik untuk melindungi gigi dari kerusakan.
6.      Proposisi nilai
Keju sangat menyehatkan
7.      Keunggulan kompetitif
produk yang dihasilkan merupakan hasil dari bahan dasar susu yang berkualitas.
8.      Ringkasan teknologi
Panci, Alat untuk mengemas,
9.      Kategori produk
Makanan
10.  Distribusi
melalui agen-agen perwakilan (distributor) di Bandung, Batam, Bali dan lainnya
11.  Harga
antara Rp. 17.500 - Rp. 38.000 per 250 ons
12.  Latarbelakang perusahaan/produsen
Keberadaan pabrik keju Natura Gouda Chese yang berada di kawasan Bukit Baros Cempaka (BBC) Kecamatan Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi memang tidak banyak diketahui oleh masyarakat khususnya yang berada di Sukabumi. Namun siapa sangka pabrik keju yang berdiri sejak tahun 1999 diatas lahan seluas 27 hektar yang termasuk dalam kawasan BBC tersebut merupakan satu-satunya pabrik pembuat keju asli pertama di Indonesia. Setiap harinya pabrik keju Natura mampu mengolah 5 ton susu sapi murni menjadi 490 kg keju asli dengan proses pematangan bisa mencapai 1-2 bulan tergantung jenis keju yang akan diproduksi. Dimana untuk bahan baku susunya sendiri berasal dari peternakan sapi yang ada di beberapa wilayah Sukabumi, seperti di Kecamatan Sukaraja, Cikembar dan peternakan sapi milik warga yang terdapat di sekitar pabrik.
13.  Kontak informasi
Natura Gouda Chese, Sukabumi
14.  HaKi
-


IV. Yogurt
1.      Deskripsi produk
Yogurt adalah perkembangan dari bahan olahan susu. Bentuk fisik dari yogurt mirip dengan ice cream. Rasa yogurt adalah asam, karena adanya proses fermentasi.
2.      Kebutuhan pasar  dan tantangannya
Potensi dari usaha yogurt ini sangat besar, karena mengingat bahwa produk ini merupakan produk yang masih baru dan jarang beredar di masyarakat. Jauh lebih awet tanpa perlu menggunakan pengawet kimia dan harga jual sangat tinggi membuat margin keuntungannya bisa mencapai ratusan persen.
3.      Target pasar
Semua kalangan masyarakat
4.      Fitur kunci/utama
beragam rasa buah yang digabungkan
5.      Manfaat utama
-          Menyehatkan pencernaan
-          Mengurangi resiko infeksi pada vagina
-          Menurunkan resiko darah tinggi
-          Mencengah osteoporosis
-          Membantu kita lebih kenyang
6.      Proposisi nilai
Yogurt yang menyehatkan tubuh, sangat digemari oleh masyarakat, khususnya anak muda.
7.      Keunggulan kompetitif
Kualitas susu yang digunakan harus yang baik, karena mempengaruhi kualitas yogurt pula. Sehingga konsumen puas menikmati produk yang diolah.
8.      Ringkasan teknologi
Hanya membutuhkan panci untuk merebus, tempat susu, kardus serta bohlam untuk menghangatkan Susu.
9.      Kategori produk
Minuman
10.  Distribusi
pasar lokal, meliputi Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya
11.  Harga
Rp. 10.000/cup(200ml)
12.  Latarbelakang perusahaan/produsen
PT. Toi Froyo
Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta
Pemilik : Rini Widiastuti
13.  Kontak informasi
081226732680
14.  HaKi
-          (dalam proses)


V.    Permen Susu
1.      Deskripsi produk
Proses pembuatan permen susu karamel menggunakan bahan utama susu sapi yang dimasak hingga kental, campurkan gula pasir 1% - 2% dari volume susu ( 10gr-20gr/liter susu ) dan agar-agar 1gr, aduk terus sampai susu menggumpal. Setelah adonan berwarna coklat dan padat, ia dipindahkan ke tempat penghalusan dan penipisan. Proses selanjutnya adalah dihaluskan, didiamkan sebentar, kemudian dipotong-potong. Proses penghalusan harus dilakukan ketika adonan masih panas agar lebih mudah dibentuk. Selanjunya, permen dibentuk dan dipotong-potong. Memotong permen karamel memang agak sulit, sehingga pisau yang digunakan harus benar-benar tajam. Di ruangan yang sama dengan ruangan pemotongan, dilakukan juga kegiatan pengemasan permen karamel. Yang harus diperhatikan dalam proses pengemasan adalah lipatan kertas. Sebelumnya, permen karamel harus disortir dan dipisahkan dari permen yang ukurannya tidak ideal. Sebelum permen dikemas, permen harus ditimbang lebih dahulu sebelum akhirnya dibawa ke ruang pengemasan akhir.

2.      Kebutuhan pasar  dan tantangannya
Makanan siap konsumsi, mudah dibawa serta sehat seperti permen susu, selain rasa permen manis yang menenangkan pikiran juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama protein dan kalsium.
Dalam pengiriman produk ke daerah panas seperti Jakarta, produk permen akan mudah meleleh.
3.      Target pasar
Anak kecil dan masyarakat yang menyukai susu.
4.      Fitur kunci/utama
Rasa caramel sebagai pembeda dengan permen susu sapi yang lain dan juga ada permen yang rasanya strawberry.
5.      Manfaat utama
Pada permen susu ini terdapat protein dan kalsium yang sehat bagi tubuh.
6.      Proposisi nilai
Banyak masyarakat yang menyukai, wisatawan-wisatawan juga sering datang memesan produk permen susu caramel.
7.      Keunggulan kompetitif
Kualitas susu dan produk yang dihasilkan sesuai standar kepuasan konsumen.
8.      Ringkasan teknologi
Hanya membutuhkan kuali atau wajan, pengaduk kayu, pemanas, cetakan dan timbangan
9.      Kategori produk
Makanan
10.  Distribusi
Wilayah Jawa Barat, dijual secara langsung ke toko-toko. Wilayah Jakarta dan luar Jawa Barat memesan melalui internet dan kirim lewat pengiriman dengan minimal order 10 kg.
11.  Harga
Rp 15.000/kg
12.  Latarbelakang perusahaan/produsen
Pabrik permen susu karamel ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Ibu Idah Datipah adalah  pemilik usaha pabrik susu caramel. Usaha ini diawali dari ide segarnya untuk memanfaatkan sisa susu sapi yang terbuang untuk kemudian diolah menjadi makanan siap konsumsi. Bu Ipah dibantu dengan keluarganya pun mulai meracik sendiri resep sederhana pembuatan permen susu karamel. Seiring dengan mengalirnya pesanan permen karamel, Bu Ipah pun memperluas penjualan permennya. Dan kini, usaha yang setiap bulannya bisa meraup omset hingga 200 juta rupiah. Setiap harinya, proses produksi dimulai sejak pagi. Jika dulu Bu Ipah mengantarkan susu segarnya ke pengumpul susu, kini ia mendapatkan susu sapi segar dari koperasi setempat. Setiap hari, koperasi mengantarkan 700 liter susu segar kepada Bu Ipah
13.  Kontak informasi
Jl. Chincona No.4 Sukamenak RT.04/XVIII Pangalengan
Hj. Ipah Datipah : 022-85970122
081809657965
08172304202
14.  HaKi
TK Caramel

No comments:

Post a Comment

loading...