Thursday, April 18, 2013

Entrepreneur Skill "Analisis Arang Batok Kelapa Charcoblaze"



       Usaha arang dari batok kelapa di Tingkir yang  bernama Charcoblaze

       Segmentasi        : pasar internasional, khususnya negara Amerika dan Eropa

       Strategi              : Produksi dilakukan karena adanya permintaan yang tinggi dari konsumen, khususnya dari Eropa

       Analisis 4P (Product, Place, Price, Promotion)
Ø  Produk yang berkualitas: harus meningkatkan kapasitas produki agar bisa memenuhi permintaan pasar, produk arang ini merupakan produk yang ramah lingkungan karena berbahan dasar dari batok kelapa, tepung tapioka, dan air. Produk arang ini di Eropa digunakan untuk barbeque, sedangkan di Amerika digunakan untuk Shisha.
Ø  Kemudahan mendapatkan produk: untuk mendapatkan produk bisa memesan produk arang ini bisa dilakukan dengan cara via telepon
Ø  Harga yang  ditentukan: karena konsumen produk ini orang dari Eropa dan Amerika, harga arang batok kelapa ini masih bisa dijangkau dan termasuk harga yang cukup bersaing di negara-negara tersebut karena buyer dari produk ini masih menjual kembali arang tersebut di negara asalnya dengan harga yang  jauh lebih tinggi dari harga yang  ditentukan oleh Bpk. Irwadi. Harga arang dari batok kelapa dipatok dengan harga Rp7000,00 per Kg.
Ø  Promosi: Produk ini dijual kepada  single buyer, sehingga Bpk. Irwadi tidak memerlukan kegiatan promosi.

·         Analisis SWOT
Ø  Strenght: produk arang ini berbahan dari batok kelapa sehingga tidak merusak lingkungan, mesin produksi tidak di jual bebas di pasaran, kualitas produk memenuhi standart Eropa.
Ø  Weakness: kapasitas produksi belum bisa memenuhi permintaan pasar
Ø  Opportunity: belum banyak pesaing,  permintaan dari buyer tinggi, masih terbuka peluang untuk mencari buyer yang lebih banyak.
Ø  Threats: masih terbukanya peluang bagi orang lan untuk masuk ke bisnis pembuatan arang dari batok kelapa.

No comments:

Post a Comment

loading...