Thursday, April 18, 2013

Manajemen Strategi

Ide utama di balik manajemen sumber daya manusia strategis adalah bahwa semuanya melibatkan inisiatif orang yang berhasil perlu disejajarkan dan mendukung keseluruhan strategi organisasi. Tidak ada organisasi bisa berharap untuk menjadi sukses jika memiliki sistem manajemen / orang yang bertentangan dengan visi dan misinya. Banyak organisasi menderita sindrom, mencari jenis tertentu perilaku dan kinerja dari karyawan yang tetapi memiliki program manajemen sumber daya manusia, khususnya yang berkaitan dengan umpan balik kinerja dan kompensasi, yang menghargai perilaku yang berlawanan.

I.            MODEL STRATEGI
Ada dua model yang menguraikan proses strategi dan bagaimana hal itu harus dikembangkan. Yang pertama adalah model organisasi industri (I / O). Model (I / O) berpendapat bahwa penentu utama dari organisasi beroperasi dan bahwa pertimbangan tersebut memiliki pengaruh lebih besar pada kinerja dari keputusan internal yang dibuat oleh manajer.
Model utama kedua adalah model berbasis sumber daya, kadang-kadang disebut sebagai pandangan berbasis sumber daya perusahaan. Model berbasis sumber daya berargumen bahwa sumber daya organisasi dan kemampuan, bukan kondisi lingkungan, seharusnya menjadi dasar untuk keputusan organisasi. Pandangan berbasis sumber daya menantang asumsi model I / O. Pandangan berbasis sumber daya mengasumsikan bahwa organisasi akan mengidentifikasi dan menemukan sumber daya yang berharga kunci dan dari waktu ke waktu, mendapatkan mereka.


II.            PROSES MANAJEMEN STRATEGIS

I.            ANALISIS LINGKUNGAN
Setelah menetapkan pernyataan misi langkah berikutnya adalah untuk menganalisis lingkungan eksternal di mana organisasi beroperasi konsisten dengan model I / O manajemen strategis.



II.            ORGANISASI PENGEMBANGAN DIRI
Setelah sebuah organisasi telah dipindai dan dinilai adalah lingkungan eksternal dan mengidentifikasi ancaman dan peluang, kemudian beralih ke tahap ketiga dari manajemen strategis: menilai lingkungan internal organisasi. Pada tahap ini, hasil kuncinya adalah bagi para pembuat keputusan untuk kekuatan identitas utama organisasi dan kelemahan dan menemukan cara untuk memanfaatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahan atau minimalkan, seperti yang didukung oleh sumber daya berbasis pandangan manajemen strategis.

III.            SUMBER
  • Sumber daya keuangan secara signifikan dapat mempengaruhi keunggulan kompetitif organisasi. Sebuah organisasi yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan dana internal dan / atau meminjam uang dalam jumlah yang signifikan dapat mengkonversi dana dalam aset lainnya.
  • Sumber daya fisik meliputi peralatan dan mesin yang sebenarnya dimiliki atau disewa, serta lokasi bisnis dan kedekatannya dengan pelanggan, tenaga kerja, bahan baku, dan transportasi.
  • Sumber daya  manusia meliputi tidak hanya jumlah pengetahuan teknis lapangan kerja tetapi juga sifat-sifat pribadi mereka, termasuk komitmen, loyalti, penghakiman, dan motivasi
  • Sumber daya teknologi meliputi proses yang organisasi memproduksi barang dan jasa.
  • Sumber daya modal mencakup semua item lainnya dari nilai termasuk nama merek, reputasi dengan pelanggan, hubungan dengan konstituen kunci dalam lingkungan.


IV.            MENETAPKAN TUJUAN DAN SASARAN
Setelah organisasi telah ditetapkan dan diartikulasikan misinya, menilai lingkungan eksternal, dan mengidentifikasi sumber daya internal dan sistem manajemen yang mempengaruhi kinerjanya, maka kemudian siap untuk menetapkan tujuan dan sasaran untuk periode waktu berikutnya.
Tujuan juga harus fleksibel. Karena seluruh proses pengaturan tujuan berurusan dengan masa depan dan mengantisipasi apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi, tujuan realistis tidak boleh "diukir di batu". Tujuan dapat disesuaikan ke atas serta bawah dalam menanggapi bagaimana peristiwa di lingkungan telah dilipat.

V.            STRATEGI PERUSAHAAN
  1. Strategi adalah pertumbuhan, pertumbuhan dapat memungkinkan organisasi untuk menuai manfaat dari skala ekonomi, untuk meningkatkan posisinya di industri pesaingnya, dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk pengembangan profesional dan kemajuan bagi para karyawannya.
  2. Masalah Sumber Daya Manusia Strategis melibatkan fakta bahwa merger dan akuisisi biasanya mengakibatkan pemecatan karyawan.
  3. Jenis strategi keseluruhan adalah perputaran atau strategi penghematan. Di sini, organisasi memutuskan untuk berhemat atau merampingkan operasinya adalah attemp untuk membentengi kompetensi dasar.

VI.            STRATEGI UNIT BISNIS
  1. Strategi bisnis unit kepemimpinan biaya. Sebuah organisasi mengejar strategi ini upaya untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan lulus penghematan ke pelanggan.
2.    Strategi bisnis unit diferensiasi. Sebuah organisasi mengejar strategi ini membedakan produk atau jasa dari para pesaing atau, setidaknya, mencoba untuk membuat konsumen melihat bahwa ada perbedaan.
Strategi unit bisnis adalah strategi fokus. Sebuah organisasi mengejar Pengembangan strategi ini menyadari bahwa segmen yang berbeda di pasar memiliki kebutuhan yang berbeda dan upaya untuk memenuhi salah satu kelompok tertentu

No comments:

Post a Comment

loading...