Wednesday, April 17, 2013

Contoh Evaluasi Usaha "Distro Pakaian"



DESKRIPSI USAHA

Saya ingin mendirikan sebuah outlet pakaian, seperti distro-distro. Dengan menjual barang-barang seperti kaos, kemeja, sepatu, topi, boxer, jumper, jaket, kaos berkerah,dll. selain menjual produk-produk tersebut, saya ingin membuka sebuah industri yang memproduksi barang-barang seperti diatas, dengan menempelkan lebel saya sendiri. Dengan memproduksi barang-barang sendiri, saya menginginkan menjual dengan harga yang murah, tetapi dengan kualitas yang lumayan baik. Hal tersebut dikarenakan saya ingin membuka usaha distro tersebut di daerah saya, daerah Getasan, karena, di daerah ini belum ada usaha seperti ini, minimnya pengusaha yang membuka usaha seperti ini, membuat saya ingin mengambil sebuah kesempatan yang terbuka luas tersebut. di daerah ini, banyak sekali anak-anak remaja yang menggemari pakaian distro seperti diatas, dan dapat dikatakan jika mayoritas penduduk di daerah sini adalah kelas menengah ke bawah, jadi saya berfikir untuk menjual produk-produk saya dengan harga yang relative murah, akan tetapi tidak mengesampingkan model/trend masa kini agar tidak ketinggalan jaman. Selain menjual produk dan memproduksi sendiri, saya juga menerima pesanan jenis/model sesuai permintaan pelanggan. Karena banyak sekolah disekitar tempat ini, jadi banyak kesempatan untuk mendapatkan pesanan, karena biasanya murid-murid sekolah memesan kaos/jaket/jumper yang sama untuk setiap kelasnya. Jadi itu merupakan sebuah kesempatan yang besar, yang ada di daerah saya ini.

 


EVALUASI USAHA

Item
Checklist
Basic Feasibility of The venture

  1. Can the product or service work?
Ya, usaha ini akan berjalan
  1. Is it legal
Ya, usaha ini legal/resmi
Competitive Advantages of The venture

  1. What specific competitive advantages will the product or services offer?
Menyediakan pakaian-pakaian untuk remaja, misalnya kaos, kemeja, jaket, topi, sepatu,dll
  1. What are the competitive advantages of the companies already in business?
Usaha seperti ini sudah ada, akan tetapi jarak dari tempat yang saya rencanakan untuk membuka usaha ini cukup jauh, jadi konsumen tidak perlu jauh-jauh untuk membeli pakaian
  1. How are the competitor likely to respond?
Mungkin para pesaing tidak mengetahui keberadaan usaha saya, karena jarak yang cukup jauh
  1. How will the initial competitive advantage be maintained?
Keunggulan kompetitif dari awal adalah, memberikan harga yang murah, dibandingkan competitor lainya

Buyer Decisions in The Venture

  1. Who are the customer likely to be?
Anak-anak muda
  1. How much will each customer buy and how many customers are there?
Cukup banyak
  1. Where are these customers located, and how willthey be serviced?
Di sekitar saya membuka usaha ini

Marketing  of the goods and services

  1. How much will be spent on advertising and selling?
Mungkin sekitar 500rb, biaya digunakan untuk membuat pamflet/brosur yang akan ditempel dan disebarkan di sekitar tempat usaha, dengan cara on line juga akan diiklankan
  1. What share of market will the company capture?
Ya, karena anak-anak muda di daerah ini sangat banyak, dan mereka sangat menggemari pakaian-pakaian distro ini.
  1. How will prices be set? How will they compare with the competition’s prices?
Dengan memberikan harga yang murah, dan kualitas yang baik
  1. How important is location and how will it be determined?
Lokasi sangatlah penting untuk mendirikan usaha, lokasi di pinggir jalan sangatlah strategis, karena dilewati oleh pengendara bermotor
  1. What are the sales targets? By  when should they be met?
Tagertnya adalah anak-anak muda.

Production

  1. Will the company make or buy? Or combination of these two strategies?
Dengan cara dikombinasi, sebelum membuat sendiri barang-barang tersebut, saya berencana untuk membeli barang-barang terlebih dahulu lalu menjual kembali, dan selanjutnya akan memproduksi sendiri sesuai keinginan pelanggan.
  1. Are sources of supplies available at reseonable prices?
Mencari supplier yang memberikan harga cukup murah dengan kualitas yang baik.
  1. How long will delivery take?
Mungkin dalam waktu 1 minggu, karena pengambilan barang berada di daerah Bandung


  1. How will quality be control?
Kualitas menjadi yang nomor 2 setelah harga, karena saya menginginkan harga yang murah dengan kualitas yang baik
  1. Do any special problem with plant setup, insurance? How will they  be resolved?
Saya tidak menggunakan asururansi
  1. How will waste and scrap be controlled?
Limbah produksi akan dibuang ke tempat sampah, dan limbah yang mengandung bahan kimia, akan dimusnahkan dengan cara dibakar
Staffing Decisions in The Venture

  1. How will competence in each ares of the business be ensured?
Ya, karena didaerah tempat saya membuka usaha, belum ada usaha seperti ini
  1. Who will have to be hire? By when? How will they be found and recruited?
Merekrut teman sendiri, karena sudah percaya, dari pada melakukan rekrutmen, terkadang kita tidak tahu seluk beluknya
  1. Will a banker, lawyer, accountant or ather advisor be needed?
Tidak
  1. How will replacements be obtained if key people leave?
Mencari orang yang ahli lebih dari 1, jadi, apabila ada yang mengundurkan diri, tidak harus tergesa-gesa untuk mencari penggantinya.
Control of the Venture

  1. What records will needed?
Ya, catatan itu perlu dilakuakn untuk mengetahui bagaimana usaha ini berjalan, apakan ada kemajuan, atau tetap tetap saja


  1. Will any  special controls be required? What are they? Who will be responsible for them?
Yang bertanggung jawab adalah saya sendiri sebagai pemilik
Financing the Venture

  1. How much will be needed for development of the product or service?
Mungkin sekitar 10 juta rupiah
  1. How much needed for setting up operations?
Sekitar 5 juta
  1. How much will be needed for working capital?
Sekitar 5 juta
  1. Wher will the money come from?What if more is nedded?
Dengan cara meminjam orang tua atau menabung sendiri, saya tidak mau menanggung resiko apabila saya harus meminjam dari bank.
  1. When and how will investors get their money back?
Apabila saya meminjam uang dari orang tua, saya akan mengembalikan dengan cara menyicilnya.

No comments:

Post a Comment

loading...