Wednesday, April 17, 2013

KASUS KOMPREHENSIF "BAKSO ABC"


1.      Profil

Nama Pemilik              : Bapak Yanto

Nama Usaha                : Bakso ABC

Jenis Usaha                 : Kuliner (Makanan)

Alamat                                    : Persimpangan ABC Salatiga

Sejarah Usaha             : 1984  -  1998 Pemilik menjual bakso keliling dengan

                                       menggunakan pikulan dan gerobak

                                      1998   -  sekarang Pemilik menempati tempat permanen

  hingga sekarang

2.      Visi dan Misi

Visi bakso ABC adalah:
Menjadikan Bakso ABC sebagai usaha makanan tradisional cepat saji yang praktis, higienis, sehat, bergizi dan terdepan di wilayah Salatiga.

Misi bakso ABC adalah:
1.      Peningkatan mutu produk Bakso ABC terhadap kualiatas bakso, jenis produk dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
2.      Selalu melakukan inovasi terhadap semua aspek Bakso ABC, baik dari variasi menu yang disajikan sampai model pelayanan kepada pelanggan.
Tujuan bakso ABC adalah:
1.      Ingin menjadi bakso yang ingin dikenal di Salatiga.
2.      Ingin mengembangkan usaha Bakso ABC yang sudah ada sekarang.


Strategi bakso ABC adalah:
1.      Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
2.      Menjaga tempat selalu bersih dan pelayanan yang cepat.
3.      Memberikan kualitas produk yang terbaik.
4.      Memberikan harga yang bisa dijangkau semua kalangan

3.      Identifikasi Faktor Kekuatan dan Kelemahan

No
Faktor Internal
Identifikasi
Kekuatan
1
Memiliki bumbu rahasia
Bakso ABC memproduksi baksonya sendiri dan memiliki bumbu rahasia, sehingga cita rasa yang diciptakan menggungah selera konsumen
2
Tempat strategis
Tempat yang berada tepat di persimpangan jalan antara jalan menuju ke Solo, Semarang serta jalan masuk ke jantung kota Salatiga, membuat Bakso ABC ini menjadi sasaran empuk penikman kuliner.
3
Harga terjangkau
Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp. 6.000,00 per prosi, sehingga masyarakat secara umum dapat menikmati Bakso ABC ini.
4
Memiliki mesin penggilingan sendiri
Menghemat biaya produksi untuk pembuatan bakso
5
Tempat usaha sudah menjadi hak milik
Tempat usaha sudah menjadi hak milik adalah kekuatan tersendiri, sehingga tempat usaha ini sudah paten dan tidak dapat berpindah-pindah

6
Memiliki pekerja yang cekatan
Karyawan diambil dari suadara-saudara dekat yang sedang menganggur, sehingga kinerja dari karyawan yang cekatan menjadi kekuatan Bakso ABC ini.
7
Fasilitas yang baik
Faisilitas yang ditawarkan oleh bakso ABC ini adalah ruangan yang besih, serta terdapat televisi agar konsumen dapat melihat televisi sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh Bakso ABC
8
Tempat bersih
Tempat yang bersih adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh rumah makan, karena hal tersebut mencerminkan kehigenisan hidangan yang disajikan
9
Memasak bakso sendiri
Memasak bakso sendiri adalah keunggulan yang ada di bakso ABC, karena pemilik dapat mengontrol dan mengawasi proses pembuatan bakso tersebut
10
Memiliki ijin BPOM
Ijin BPOM sangat penting, karena hal tersebut menjamin apakah makanan yang disajikan ke konsumen aman dikonsumsi.
Kelemahan
11
Sering terjebak isu-isu daging babi, boraks
Isu-isu tersebut sangatlah sering disuarakan, akan tetapi pemilik tidak mau menggunakan daging babi ataupun boraks untuk memproduksi baksonya.


12
Harga daging mahal
Harga daging sapi yang semakin hari semakin mahal ini menjadi kelemahan tersendiri, karena bahan baku terbuatdari daging sapi
13
Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
Harga bumbubumbu juga sangat penting, karena sebagai pelengkap membuat kuah ataupun bakso.
14
Tempat parkir tidak memadai
Tempat parkir yang menggunakan bahu jalan serta trotoar ini merupakan kelemahan terbesar, karena kapasitas parkir sangatlah terbatas dan sangat mengganggu pejalan kaki.

 

4.      Matriks Evaluasi Faktor Interal (Internal Factor Evaluation / IFE)

No
Faktor Internal
Bobot
Peringkat
Jumlah
1
Memiliki bumbu rahasia
0.05
4
0.2
2
Tempat strategis
0.1
4
0.4
3
Harga terjangkau
0.1
4
0.4
4
Memiliki mesin penggilingan sendiri
0.025
3
0.075
5
Tempat usaha sudah menjadi hak milik
0.05
4
0.2
6
Memiliki pekerja yang cekatan
0.025
3
0.075
7
Fasilitas yang baik
0.05
3
0.15
8
Tempat bersih
0.1
3
0.3
9
Memasak bakso sendiri
0.05
4
0.2
10
Memiliki ijin BPOM
0.1
4
0.4
11
Sering terjebak isu-isu daging babi, boraks
0. 5
2
0.1
12
Harga daging mahal
0.1
2
0.2
13
Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
0.1
2
0.2
14
Tempat parkir tidak memadai
0.1
1
0.1

Jumlah Skor
1

3
Kelemahan utama (peringkat=1), kelemahan kecil (peringkat=2), kekuatan kecil (peringkat=3), atau kekuatan utama (peringkat=4)

Usaha Bakso ABC ini memiliki jumah skor 3, yaitu diatas 2.5 yang menunjukan posisi internal yang kuat.
5.      Matriks Profil Kompetitif (CPM)
NO
FAKTOR PENENTU
BOBOT
BAKSO ABC
BAKSO JEROAN PALANG
PERINGKAT
NILAI
PERINGKAT
NILAI
1.
Cita Rasa
0.2
3
0.6
3
0.6
2.
Variasi Makanan
0.2
2
0.4
4
0.8
3.
Lokasi
0.3
4
1.2
2
0.6
4.
Fasilitas
0.1
2
0.2
3
0.3
5.
Dikenal Masyarakat Luas
0.2
4
0.8
2
0.4

Jumlah skor
1

3.2

2.7
Keterangan      :
1                    : Kelemahan Utama
2                    : Kelemahan Minor
3                    : Kekuatan Minor
4                    : Kekuatan Utama
Dapat disimpulkan, bahwa Bakso ABC lebih unggul dari pesaingnya, yaitu bakso jeroan palang, dengan skor 3.2.



6.      Identifikasi Faktor Peluang dan Ancaman
NO
FAKTOR EKSTERNAL
Identifikasi
Peluang
1.
Adanya perubahan gaya hidup masyarakat sehubungan dengan
tumbuhnya tingkat perekonomian yakni gaya hidup konsumtif.
Gaya hidup konsumtif ini mengakibatkan masyarakat tidak mau ribet, dengan membeli makanan siap saji, maka waktu yang terbuang tidaklah banyak, karena tidak harus memasak terlebih dahulu.

2.
Di kenalnya produk bakso khas Salatiga hampir di seluruh
daerah di Indonesia.
Bakso ABC ini sudah banyak diliput oleh televisi nasional Indonesia, sehingga dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia, jadi Bakso ABC ini sangat terkenal di luar Salatiga
Ancaman
3.
Tidak bisa membuka cabang
Dikarenakan pemilik masuk dalam paguyuban penjual bakso di Salatiga, pemilik belum bisa membuka cabang di area salatiga, karena pemilik memiliki rasa rikuh untuk mendirikan cabang baru
4.
Tidak bisa mengontrol harga dan kualitas dari bahan pelengkap ( mie, saus, kecap)
Karena mie, saus, kecap tidak diproduksi sendiri, pemilik tidak dapat mengontrol kualitas dan harga pembelian bahan pelengkap itu
5.
Banyak munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem yangsejenis juga.
Munculnya banyak pesaing serupa yang semakin banyak
6.
Strategi bisnis yang mudah ditiru

Karena menjual bakso dirasa cukup mudah, strategi tersebut dapat mudah ditiru oleh pesaing.



7.      Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (External Factor Evaluation / EFE)

NO
FAKTOR EKSTERNAL
BOBOT
PERINGKAT
JUMLAH
1.
Adanya perubahan gaya hidup masyarakat sehubungan dengan
tumbuhnya tingkat perekonomian yakni gaya hidup konsumtif.
0.2
2
0.4

2.
Di kenalnya produk bakso khas Salatiga hampir di seluruh
daerah di Indonesia.
0.2
2
0.4
3.
Tidak bisa membuka cabang
0.2
2
0.4
4.
Tidak bisa mengontrol harga dan kualitas dari bahan pelengkap ( mie, saus, kecap)
0.1
2
0.2
5.
Banyak munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem yang
sejenis juga.
0.1
2
0.2
6.
Strategi bisnis yang mudah ditiru

0.2
2
0.4

Jumlah skor
1

2
4=jawaban superior, 3=jawaban di atas rata-rata, 2=jawaban rata-rata, 1=jawaban jelek

Dengan melihat hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa bakso ABC masih kurang memanfaatkan peluang yang ada, serta masih kurang dapat menangani ancaman yang terdapat di lingkungan eksternal usaha bakso tersebut, karena jumlah akhir skor masih di bawah 2,5.

8.      Matriks SWOT


Strengh
-          Memiliki bumbu rahasia
-          Tempat strategis
-          Harga terjangkau
-          Memiliki mesin penggilingan sendiri
-          Tempat usaha sudah menjadi hak milik
-          Memiliki pekerja yang cekatan
-          Fasilitas yang baik
-          Tempat bersih
-          Memasak bakso sendiri
-          Memiliki ijin BPOM
Weakness
-          Sering terjebak isu-isu daging babi, boraks
-          Harga daging mahal
-          Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
-          Tempat parkir tidak memadai
Opportunity
-          Adanya perubahan gaya hidup masyarakat sehubungan dengan tumbuhnya tingkat perekonomian yakni gaya hidup konsumtif.
-          Di kenalnya produk bakso khas Salatiga hampir di seluruh daerah di Indonesia.
-          Mempertahankan harga agar pelanggan tidak berpindah haluan
-          Lebih memiliki menu yang bervariatif, sehingga pelanggan tidak bosan

-          Meyakinkan pembeli dengan memasang sertifikat dari BPOM di ruang makan pembeli
-          Membeli sebidang tanah dekat dengan usaha ini, untuk digunakan lahan parkir
-          Mengubah esdikit komposisi bahan baku
Threat
-          Tidak bisa mengontrol harga dan kualitas dari bahan pelengkap ( mie, saus, kecap)
-          Tidak bisa membuka cabang
-          Banyak munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem yang
      sejenis juga.
-          Strategi bisnis yang mudah ditiru
-          Mempertahankan harga
-          Memberikan menu yang lebih bervariatif
-          Menyediakan lahan parkir yang baik
-          Tetap mengandalkan kelebihan bakso yang dibuat
-          Mempertahankan citarasa
-          Mempertahankan harga
-          Memiliki diverensiasi

9.      Matriks BCG (Boston Consulting Group)

Matriks BCG adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan UBS.Matriks BCG merupakan empat kelompok bisnis, yaitu :
  1. Bintang (Star) Bisnis di kuadran II (disebut juga Bintang) bakso ABC memiliki pangsa pasar menengah ke bawah, yang mendominasi keragaman masyarakat di Salatiga. Dengan memberikan harga Rp. 6.000,00 per porsi, bakso ABC merupakan bakso yang dapat dikatakan murah. Letak yang sangat strategis menjadikan bakso ABC mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat luas, serta dapat menjadi makanan khas yang wajib dikunjungi oleh pelancong dari luar kota, yang singgah ataupun melewati kota Salatiga
10.  Rekomendasi
1.      Strategi
Bakso ABC sudah cukup terkenal di luar kawasan Salatiga, akan tetapi tetap perlu mensiasati untuk agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, dengan lokasi yang cukup strategis, Bakso ABC diharapkan dapat memasang spanduk, ataupun baliho disekitar area jalan raya Solo Semarang, agar lebih banyak yang dapat mengetahui keberadaan Bakso ABC ini.
2.      Kebijakan
Dengan banyaknya beredar isu-isu daging babi, boraks, dll. diharapkan agar Bakso ABC mendaftarkan ke MUI, untuk mendapatkan sertifikat berlabel halal, agar konsumen dapat percaya dan dapat semakin meyakinkan konsumen. Inspeksi yang dilakukan oleh BPOM setiap hari jumat, agar terus dilakukan, agar terjaga kualitas serta cita rasanya.
3.      Prosedur
Prosedur yang dilakukan oleh pemilik serta karyawan Bakso ABC sudah cukup baik.
4.      Penilaian Strategi
Strategi yang dilakukan Bakso ABC sudah sangat baik, dengan harga bersaing dan tidak menaikan harga baksonya, Bakso ABC lebih digemari oleh masyarakat luas.
5.      Implementasi
Pelaksanaan yang dilakukan oleh pemilik dan karyawan sudah cukup baik, sehingga konsumen dapat terlayani dengan baik.

1 comment:

  1. terimakasih telah menulis artikel yang mengandung banyak ilmu gan, sangat positif dan bermanfaat..
    Aplikasi Kasir Warung

    ReplyDelete

loading...