Friday, April 19, 2013

Jejaring Bisnis



1.      Apa cakupan dan jenis-jenis jejaring?
a.      Jejaring Operasional, dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan internal saat ini. Anda harus membangun hubungan kerja yang baik dengan semua pihak yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Tujuannya adalah untuk koordinasi dan kerjasama antara semua pihak yang harus saling mengenal dan saling percaya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

b.      Jejaring Personal, diperlukan untuk pengembangan diri. Melalui asosiasi profesi, ikatan alumni dan berbagai perkumpulan. Hal ini dapat memperoleh perspektif baru yang dapat membantu untuk meningkatkan karir. Kontak yang dibangun dapat memberi referensi, informasi dan seringkali pengembangan diri melalui coaching dan mentoring.


c.       Jejaring Strategis, membuka mata Anda pada arah bisnis baru dan para pemangku kepentingan yang perlu dilibatkan.  Jejaring strategis adalah relasi dan sumber informasi yang memberikan kekuatan pada Anda untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi kedepan. Yang membedakan para pemimpin dari para manager adalah kemampuan mereka untuk menentukan arah kedepan serta kemampuan melibatkan pihak-pihak yang dibutuhkan untuk sampai kesana.

2.      Apa pemahaman anda tentang pernyataan di bawah ini?
-          Public relation is much more powerfull than advertising.
Public relation (PR) atau kehumasan mampu menjangkau ke luar (eksternal) dan ke dalam (intemal). Dalam hal ini, PR bisa memiliki cara yang lebih baik yang bisa lebih menyentuh dan mendorong seseorang untuk percaya sehingga dalam prakteknya efektif. Fungsi PR dalam kaitannya baik di dalam maupun ke luar jika orang-orang tersebut berada dalam posisi yang tepat maka PR adalah sesuatu yang lebih baik dibandingkan segala jenis periklanan yang ada karena lebih ampuh mendekati orang-orang dengan kemampuannya yang lebih mengenal selera orang yang ditawarkan. Hal ini pula dapat berkaitan dengan perbedaan antara periklanan yang menggunakan media, sedangkan PR dengan cara tatap muka langsung. Sehingga informasi yang diberikan lebih jelas.

3.      Jelaskan langkah-langkah membangun jejaring!
a.      Alokasi ulang waktu Anda, alokasikan waktu untuk membangun jejaring.
b.      Mulailah membangun jejaring sekarang.
c.       Peliharalah jejaring, makan waktu sampai jejaring bisa memberikan manfaat.
d.      Cari kesempatan untuk memberi dan menerima dalam jejaring yang sudah dibangun.
e.      Bukan hanya jumlah jejaring yang menentukan, kualitas hubungan sangat penting.

No comments:

Post a Comment

loading...