Thursday, April 18, 2013

HUBUNGAN KETENAGAKERJAAN



A.          Pengertian Hubungan Tenaga Kerja
Organisasi para keryawan yang dibentuk untuk mempromosikan atau menyatakan pendapat, melindungi, dan memperbaiki, melalui kegiatan-kegiatan kolektif, kepentingan-kepentingan sosial, ekonomi dan politik para anggotanya.  Merupakan wadah bagi karyawan sebagai wahana untuk berpartisipasi dalam perusahaan.
Hubungan tenaga  kerja adalah merupakan suatu hubunganyang timbul antara pekerja dan pengusaha setelah diadakan perjanjian sebelumnya oleh pihak yang bersangkutan. Pekerja menyatakan kesangupan untuk bekerja pada pengusaha dengan menerima upah dan sebaliknya pengusaha menyatakan pula kesanggupannya untukmempekerjakan pekerja dengan membayar upah. Dengan demikian hubungan kerja yang terjadi antara pekerja dan pengusaha adalahmerupakan bentuk perjanjian kerja yang pada dasarnya memuat hak dankewajiban masing-masing pihak.
  
B.     Pentingnya Serikat Pekerja
Serikat pekerja sangat penting ada di suatu perusahaan, karena Serikat karyawan memastikan dan memperjuangkan karyawan memperoleh kompensasi yang adil & layak dari perusahaan yang mempekerjakannya. Serikat karyawan memastikan dan memperjuangkan karyawan diberikan kondisi kerja yang lebih baik. Serikat karyawan memperjuangkan karyawan memperoleh haknya secara adil. Serikat karyawan melindungi karyawan dari tindakan sewenang-wenang manajemen perusahaan. Serikat karyawan memperjuangkan karyawan memperoleh kepuasan kerja dan peluang untuk berprestasi di perusahaan.

C.     Hubungan Tenaga Kerja Nasional
Hubungan tenaga kerja (Labor Relation)dapat didefinisikan sebagai proses dengan manajemen perusahaan multinasional dan tenaga kerjanya mengidentifikasikan dan menentukan hubungan-hubungan kerja yang akan berpengaruh terhadap tempat kerja atau lingkungan kerja. Hubungan tenaga  kerja yang dibangun oleh manajemen perusahaan multinasional harus dapat mempengaruhi hubungan-hubungan kerja antara tenaga kerja satu dengan lainnya agar tempat kerja menjadikan mereka senang untuk bekerja. Tujuan membahas berbagai hubungan tenaga kerja oleh berbagai perusahaanmultinasional adalah untuk memahami pendekatan-pendekatan yang digunakan manajemen perusahaan multinasional untuk menjalin hubungan dengan para tenaga kerjanya

D.    Hari Buruh
Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

No comments:

Post a Comment

loading...