Sunday, December 7, 2014

Analisis E-Commerce Alibaba.com



Abstrack

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memudahkan seseorang untuk mencari segala hal di dunia ini. Hal tersebut dapat dimanfaatkan Jack Ma, seseorang dari China yang mendirikan perusahaan e-commerce terbesar di China. Dengan banyak perjuangan yang dihadapi, kini perusahaanya sudah menjadi perusahaan yang go public, dan sahamnya diperjual belikan dalam pasar saham. Selain Alibaba.com, Jack Ma membuat perusahaan pendukung, yaitu Taobao.com dan Alipay. Taobao berperan sebagai fasilitas jual beli lokal di China, dan Alipay berperan sebagai system transaksi yang aman dan terpercaya. Prinsip-prinsip bisnis yang diterapkan Jack Ma yang membuat Jack Ma menjadi millioner saat ini.

Keywords        : Jack Ma, e-Commerce, Alibaba,

I.          PENDAHULUAN
Dengan kemajuan teknologi pada saat ini, seseorang dapat melakukan segala hal dengan cepat, tepat, dan akurat. Tidak hanya dalam mencari informasi, kemajuan teknologi dapat memudahkan seseorang untuk dapat memasarkan atau membeli produk dari manapun. E-commerce adalah system bisnis dengan menggunakan internet, telah memudahkan seluruh penduduk dunia. E-commerce memanfaatkan internet sebagai media untuk memasarkan, menyebarkan, pembelian, penjualan kepada masyarakat pengguna internet. Seluruh kegiatan pembayaran, customer service, layanan pelanggan sudah di aplikasikan ke dalam E-commerce. E-commerce dalam akhir-akhir ini menjadi booming, selain adanya laju perkembangan teknologi yang pesar, juga didasari dari pengetahuan serta penggunaan internet oleh masyarakat luas lebih efektif.
E-commerce di dunia ini sudah banyak digunakan, dari yang gratis hingga berbayar. E-commerce yang gratis contohnya Facebook, Twitter, Blog, Instagram,dll. Dengan media social sebagai media komunikasi yang digunakan kebanyakan orang untuk berkomunikasi antar belahan dunia, dapat dimanfaatkan kebanyakan orang untuk berdagang. Para pedagang online ini memanfaatkan jejaring yang terbentuk dalam social media tersebut untuk mempromosikan daganganya. Tidak hanya dapat memberikan informasi produk, tetapi penjual juga dapat menyertakan foto secara detail produk yang dijualnya.
E-commerce berbayar (website resmi) juga banyak beredar di jaringan internet. Website jual beli ini contohnya adalah Ebay.com, Amazon.com,Alibaba.com,dll. Para pengguna website resmi ini sudah professional dalam pengelolaan bisnisnya.
Penggunaan internet khususnya dalam pemanfaatan E-commerce sekarang sudah tidak lagi hanya dapat dinikmati bagi pengguna PC atau Komputer, melainkan seluruh masyarakat yang mempunyai handphone (smartphone) juga dapat mengakses situs-situs E-commerce tersebut, sehingga dimanapun dan kapanpun seseorang dapat melihat atau surfing dalam website E-commerce yang dipilihnya.
E-Commerce yang paling fenomenal akhir-akhir ini adalah Alibaba.com. dengan penemunya adalah Jack Ma, seorang guru bahasa inggris yang tidak pernah belajar dan tau dengan dunia computer ini membanting stir menjalani bisnis e-commerce pada tahun 1999 dengan bantuan beberapa temanya. Melihat potensi yang besar dalam internet, Jack Ma memutuskan untuk membuat website dengan bantuan saudaranya. Pada waktu itu Jack Ma membuat website untuk jasa penerjemahan di internet. Hasilnya cukup memuaskan, ketika di launching pada jam 09.30 pagi, pada jam 12 siangnya sudah ada 5 email yang masuk. 3 dari Amerika, 1 dari Jepang, 1 dari Jerman. Padahal desain dari website tersebut bisa dikatakan buruk. Dengan semangat itu, akhirnya beliau memutuskan untuk membuatnya di negerinya sendiri. Waktu itu beliau berkeinginan membentuk china page, sebuah website dimana tujuan dari dibuatnya agar produk-produk china bisa dicari diinternet. Otomatis akan membantu para pengusaha di negerinya.
Kini Alibaba.com telah berkembang menjadi website e-commerce yang terpopuler atau bisa di bilang terbesar di china maupun dunia. Perusahaan Jack Ma ini berhasil naik daun atau go public pada tahun 2007 dan meraih dana sebesar 1.7 milyar US Dollar (sekitar 17 Trilliun). Beliau pasti bangga dengan kemampuan akan dirinya sendiri sebagai warga asli dari negara China dan berkembang juga besar di China. Jack Ma adalah sosok yang telah membuktikan bahwa konsistensi, kerja keras dan ketekunan dalam belajar bisa membawanya mendirikan perusahaan bisnis berbasis online.


II.      PEMBAHASAN
E-Commerce
Definisi E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan perdagangan (membeli, menjual, transfer, pertukaran produk, pelayanan, dan informasi) melalui jaringan computer termasuk internet. Dalam sudut pandang lain, e-commerce dibedakan menjadi :
1.             Dari  sudut  pandang  komunikasi ;  memberikan  informasi  tentang  barang, pelayanan, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau media elektronik lainnya.
2.             Dari   sudut   pandang   perdagangan ;   memberikan   kemampuan   dalam pembelian dan penjualan produk, pelayanan dan informasi melalui internet dan pelayanan.
Sistem Pembayaran E-Commerce
System pembayaran E-Commerce dapat dibedakan menjadi :
1.      Electronic Checks
E-checks  mirip  dengan  cek  kertas  biasa.  Mereka  umumnya  digunakan  di B2B. Pelanggan yang ingin menggunakan e-check harus terlebih dahulu membuat rekening giro dengan bank.
2.      Credit cards
Credit cards merupakan pembayaran yang umun digunakan dalam transaksi E-commerce  konsumen  mengetikan  nomer  dari  kartu,  tanggal  penjualan dapat mem-verifikasi secara rinci.
3.      Purchasing cards.
B2B  yang  setara  elektronik  dari  kartu  kredit  yang  membeli  kartu.  Di beberapa negara membayar perusahaan lain terutama dengan cara membeli kartu rarher dari pemeriksaan oleh kertas. Tidak seperti kartu kredit, di mana kredit yang diberikan untuk 30 sampai 60 hari (gratis) sebelum pembayaran dilakukan dengan pedagang, pembayaran dilakukan dengan membeli kartu menunggu dalam satu minggu.
4.      E-cash
Meski pertumbuhan kartu kredit, uang tunai tetap yang paling umum cara pembayaran  transaksi  secara  offline.  Namun,  banyak  pedagang  Komisi Eropa, dan beberapa pembeli, lebih memilih uang tunai elektronik. E-tunai muncul dalam empat bentuk utama: nilai uang yang disimpan-kartu, smart card, pembayaran orang ke orang, dan digital wallers.
Jenis-jenis E-Commerce
E-commerce memiliki beberapa jenis, yaitu :
1.      Business to Business (B2B)
Semua pesertanya adalah bisnis atau organisasi lain.
2.      Business to consumer (B2C)
Transaksi ini meliputi transaksi eceran dengan pembelanjaan eceran.
3.      Business to business to consumer (B2B2C)
Menyediakan beberapa produk atau servis kepada klien bisnis. Klien tersebut mengatur konsumennya sendiri dimana bisa saja mereka adalah karyawan dan produk atau layanan itu akan disediakan kepada mereka tanpa penambahan nilai.
4.      Consumer to business (C2B)
Disini individu menggunakan internet untuk menjual barang atau jasa kepada organisasi.
5.      Consumer to consumer (C2C)
Konsumen menjual langsung kepada konsumen lain.
6.      Aplikasi peer to peer
Tipe ini adalah tipe special dari C2C dimana orang menukar cd, video, software, dan barang lainnya.
7.      Mobile commerce
Electronic commerce yang digunakan di lingkungan tanpa kabel
8.      Intrabusiness (Organization) Electronic Commerce
Adalah semua kegiatan organisasi internal yang biasanya menggunakan intranet atau portal perusahaan yang mencakup pertukaran barang, jasa, informasi diantara unit-unit atau individu-individu dalam organisasi.
9.      Business to Employees (B2E)
Bagian dari intrabisnis dimana organisasi mengantarkan jasa, informasi atau barang kepada individu pegawai.
10.  Collaborative commerce
Aplikasi dari IOS (aliran informasi antara dua atau lebih organisasi) untuk kolaborasi elektronik antara partner bisnis dan antara karyawan organisasi.
11.  Nonbusiness EC
Meningkatnya jumlah institusi nonbisnis seperti institusi akademi, bukan perusahaan yang mencari keuntungan, organisasi keagamaan, organisasi social, agen pemerintah menggunakan E-commerce untuk mengurangi pengeluaran atau untuk memperbaiki operasi dan pelayanan kepada konsumen.
12.  E-Learning
Pelatihan atau pendidikan tersedian online. E-learning banyak digunakan perusahaan untuk melatih karyawannya.
13.  Exchange to Exchange (E2E)
Menyediakan pasar elektronik umum dengan banyak pembeli dan banyak penjual. System formal yang menghubungkan pertukaran-pertukaran.
14.  E-Government
Entitas pemerintah membeli atau menjual barang, jasa dan informasi kepada bisnis atau individu warga Negara.
Pada awalnya Jack Ma membuat China Pages yang cukup sukses dan membanggakan. Dengan mendapatkan dana investasi sebesar US$ 185.000 dari china Telecom. Tetapi dengan adanya beberapa konflik, Jack Ma akhirnya mundur dari perusahaan yang didirikanya itu. Jack Ma mendapat tawaran dari pemerintah untuk melakukan promosi di bidang E-Commerce dan kemudian kesempatan itu di ambil dengan beberapa bantuan dari temanya.
Dengan modal awan US$60.000 Jack Ma mulai membangun perusahaan e-commerce yang diberi nama Aliaba.com dan menampilkan tampilan yang universal agar seluruh masyarakan di dunia ini dapat memahami isi dari e-commercenya tersebut.
Kini, Alibaba.com telah berkembang menjadi website e-commerce terpopuler di dunia. Perusahaan ini berhasil go public pada tahun 2007 dan meraih dana sebesar US$ 1,7 milliar dari saham. Konsep yang diciptakan Jack Ma sangat sederhana, dengan mengembangkan produk-produk UKM di China ini, Alibaba memperoleh pendapatan sebesar US$ 6,5 milliar dengan laba bersih sebesar US$ 2,85 milliar.
Selain Alibaba.com, Jack Ma juga mengembangkan beberapa situ yaitu Taobao.com dan Alipay. Taobao.com lebih menyasar pada konsumen lokal di China. Penggunaan bahasa dan tampilan juga disesuaikan dengan kultur yang ada di China. Alipay merupakan solusi dari system pembayaran yang aman dan terpercaya, sehingga seluruh masyarakat dapat bertransaksi secara aman dan terpercaya pada situus Taobao.com dan Alibaba.com
Jack Ma mendesain bisnisnya tidak seperti e-commerce pada umumnya, Jack Ma memiliki membuat Alibaba tidak membeli produk yang dijualnya. Hal tersebut berbeda dengan Amazone.com, yang membeli produk kemudian menampung produk tersebut, lalu memasarkanya. Alibaba.com tidak membeli produk secara langsung,melainkan menjadi perantara antara produsen dengan konsumen dengan lingkup seluruh dunia. Jack Ma menghemat pembuatan, pengoperasian gudang, karena produk datang langsung dari produsen.
Jack Ma juga membuat website e-commerce bernama Taobao. Taobao adalah e-commerce yang mengedepankan budaya lokal yang kuat yang mencerminkan pemahaman yang mendalam mengenai konsumen loka China. Taobao adalah bisnis Jack Ma untuk memfasilitasi produsen lokal di China untuk merambah pasar Internasional. Taobao berperan sebagai perantara bagi produsen dan konsumen. Perbedaan kultur membedakan sajian website yang diberikan, apabila eBay dengan desain yang simple disukaui oleh orang-orang barat, maka Jack Ma membuat Taobao ini penuh dengan warna yang kuat, karena karakteristik masyarakat China lebih suka dengan tampilan yang berwarna-warni.
Selain itu, Jack Ma juga mendirikan TMall. TMall adalah memfasilitasi seluruh produsen dengan merk dagang dari yang paling besar, retail, maupun produsen biasa. Selain itu, Alipay juga menjadi pendorong kesuksesan bisnis JackMa. Alipay adalah layanan pembayaran online terutama sebagai pembayaran pembelian di situs Alibaba.com. Saat ini Alipay termasuk dalam ketiga pembayaran online terbesar di China. Alipay menjanjikan system pembayaran online yang terpercaya dan aman.
Dengan kecenderungan kecilnya kepercayaan konsumen terhadap e-commerce, dapat membuat menurunya transaksi dalam e-commerce itu sendiri. Namun, dengan adanya Alipay ini, konsumen tidak perlu khawatir akan keaman bertransaksi. Alipay menerapkan mekanisme transaksi yang aman dan dapat menciptakan kepercayaan antara produsen dengan konsumen, atau penjual dengan pembeli, yaitu dengan :
1.      Produsen/penjual yang ingin bertransaksi lewat Alipay, diwajibkan untuk menggunakan kartu identitas nasional mereka dan informasi rekening bank.
2.      Memungkinkan produsen dan konsumen memberikan feedback satu sama lain. Hal ini disadur dari website eBay yang menyediakan skor untuk setiap pengguna.
3.      Konsumen yang ingin membeli produk, membayar melalui akun Alipay, kemudian apabila dana sudah masuk, maka Alipay akan meberitahukan produsen jika sudah diterima dananya. Kemudian barang dikirim menuju konsumen, setelah dikirim Alipay memerintahkan bank untuk mengirim dna ke produsen.
Dengan adanya dukungan system transaksi yang sangat aman ini, masih saja ada segelintir orang yang tidak percaya. Alibaba kini sedang menggeser perlahan-lahan seluruh pembayaranya dilakukan melalui Alipay ini.
Selain rasa percaya dan aman, anggota Alibaba ataupun Taobao ini mendapatkan layanan Alipay dengan gratis. Semakin lama hamper tidak ada masalah yang timbul dalam proses transaksi atas adanya Alipay.
Prinsip Bisnis Jack Ma
1.      Bertahan karena tidak punya uang, teknologi, dan rencana
Beberapa bisnis besar menjadi mati, justru bukan karena tidak memiliki uang. Melainkan mereka memiliki yang yang banyak. Kelemahanya adalah ketidakmampuan melakukan pengelolaan financial perusahaan dengan baik dan benar. Kemudian teknologi menjadi tumpuan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, terutama dalam bisnis online. Teknologi seharusnya dibuat semudah mungkin dapat memudahkan konsumen. Semakin besar bisnis, maka semakin mudah orang-orang melakukan transaksi jual beli online. Yang terakhir adalah focus pada konsumen, bukan tentang bagaimana mendapatkan uang lebih dari bisnis anda. Apabila kita mengabaikan konsumen, maka akan membuat bisnis anda mati secara perlahan, cepat atau lambat.
2.      Belajar dari kesalahan bisnis lain.
Ketika memulai bisnis, pasti pernah melakukan beberapa kesalahan. Yang sering dilupakan adalah tidak pernah belajar dari kesalahan bisnis perusahaan kita maupun perusahaan orang lain. Hal tersebut membuat penurunan bisnis kita, karena tidak mampu melihat peluang untuk mengembangkan usahanya dari kesalahan bisnis lain. Jack Ma sudah membuktikan dengan Taobao.com yang dapat mengalahkan Ebay.com.
3.      Fokus bukan pada hasil, tapi pada pasar
Ketika bisnis orang-orang mulai besar, mereka lebih suka membicarakan tentang hasil, dalam hal ini berarti uang. Beberapa orang lupa, bajwa bisnis mereka menjadi lebih besar apabila mereka focus terhadap pengembangan, apabila perusahaan semakin besar, maka seharusnya semakin baik pula pelayanan perusahaan terhadap konsumen.
4.      Sebisa mungkin kembangkan potensi bisnis domestic
Dengan mengembangkan dan memberdayakan bisnis domestic (UKM), maka anda akan berhasil mengembangkan bisnis dalam negeri, ketika bisnis di luar mati, anda tidak akan ikut mati karena andalah yang menjadi produsen bisnis anda.
5.      Memiliki visi besar dan membangun jaringan
Ketika merintis bisnis, Jack Ma memiliki keyakinan bahwa internet akan mampu menghubungkan dunia bisnis,khususnya bagi warga China. Maka dari itu, Jack Ma membuat visi membangun koneksi yang kuat. Hal tersebut sudah dilakukan Jack Ma pada saat merintis Alibaba.com, dengan menarik dana investasi dari teman-teman untuk membantu mengembangkan Alibaba.com.
6.      Jeli meneropong peluang
Dibalik masalah besar, ternyata kemungkinan ada peluang yang besar pula. Ketika Jack Ma mulai mendirikan bisnis e-commerce, ia melihat masalah utama yang dihadapi pengusaha kecil di China adalah infrastruktur dan pihak mentor yang menjadi penghubung bagi pengusaha kecil. Jack Ma menjadikan hal tersebut peluang, dan memanfaatkan hal tersebut sehingga dapat menjadi besar pada saat ini.
7.      Inovatif, kreatif, dan berpikir unik
Orang yang sukses dalam pencapaian financial adalah orang yang memiliki pemikiran kritis, kreatif, dan membuat hal yang unik, dan Jack Ma memiliki karakter yang seperti itu.
8.      Banyak belajar dari pihak yang telah sukses
Menjadi perusahaan perantara, Jack Ma mampu menghemat dana pembuatan gudang sebagai fasilitas penyimpanan. Selain itu Jack Ma juga mampu mengumpulkan komisi atas jasa-jasa yang ia lakukan. Berbeda dengan Amazon, yang menampung barang kemudian baru mengirimkanya.
9.      Memilih nama perusahaan yang tepat
Nama perusahaan harus diciptakan sebaik-baiknya, bahkan untuk jangka panjang. Sederhana tapi memiliki impresif yang kuat. Jack Ma mencetuskan memilih nama Alibaba pada tahun 2006. Nama tersebut terinspirasi dari cerita negeri 1001 malam, yaitu Ali Baba yang berhasil mengecoh dan mengambil harta 40 orang pencuri. Selain itu, nama Alibaba juga mudah diingat dibenak konsumen.
  
KESIMPULAN
Jack Ma yang sekarang menjadi millioner tidaklah diproses dengan hal yang mudah. Jack Ma memulai strat up usaha dengan segala pengorbanan dan keterbatasan. Dari tidak tahu apa apa menjadikan Jack Ma memiliki usaha untuk mengetahui atau belajar sesuatu. Jejaring adalah hal yang penting bagi bisnis, tanpa bantuan teman-teman Jack Ma, maka tidak akan terbentuk Alibaba.com yang sangat hebat saat ini.
Tidak hanya focus dalam satu bisnis, Jack Ma juga menciptakan bisnis yang dapat mensuport bisnis lainya. Seperti diciptakanya Taobao.com yang memfasilitasi produsen serta konsumen china lokal dengan desain yang disesuaikan kultur dari masyarakat China. Selain itu diciptakan Alipay yang memfasilitasi produsen maupun konsumen untuk bertransaksi dalam Alibaba.com maupun Taobao.com. Alipay dapat menciptakan kesan yang terpercaya dan aman di benak setiap orang yang bertransaksi dalam Alibaba.com maupun Taobao.com, karena Jack Ma ingin memudahkan dan menciptakan transaksi yang aman dan terpercaya.
Kesuksesan Jack Ma tidak jauh dari usaha dan prinsip-prinsip usahanya. Beberapa prinsip yang paling penting bagi Jack Ma adalah hubungan (relasi), belajar dari kesalahan, belajar dari usaha yang sudah sukses, jeli melihat peluang, inovatif, kreatif, dan berfikiran unik. Hal tersebut yang membuat perusahaan Jack Ma ini sangatlah sukses, hingga saat ini sudah menjadi go public yang digemari para investor.

 
 

“When Though Days Come, Think of Your First Day’s Dream”
- Jack Ma-


Acuan

No comments:

Post a Comment

loading...