Thursday, April 18, 2013

Marketing Plan "Enceng Gondok"



I.                   Latar Belakang Usaha
Usaha ini memproduksi figura foto maupun lukisan berbahan dasar dari enceng gondok. Melihat potensi daerah sekitar Salatiga yang dekat dengan Rawa Pening sebagai penghasil enceng gondok yang cukup besar, sehingga dapat memanfaatkan menjadi figura foto. Enceng gondok biasanya diproduksi menjadi tas ataupun kursi. Akan tetapi, kami produsen enceng gondok membuat inovasi menjadikan enceng gondok sebagai bahan dasar figura foto maupun lukisan

II.                Visi Usaha
a.       Menjadi usaha kerajinan alami yang digemari masyarakat dunia.

III.             Misi Usaha
a.       Membangun usaha dari nol yang berkembang secara konsisten hingga terbentuk usaha yang independen dan mandiri.
b.      Membangun mitra usaha seluas-luasnya.
c.       Membangun kepercayaan pada pelanggan sehingga memperoleh reputasi baik.
d.      Memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dengan cara memberikan edukasi tentang pembuatan kerajinan dari enceng gondok.

IV.             Analisis Pemasaran
a.       Tujuan Pemasaran
Pemasaran dilakukan di luar negeri, yaitu Australia, dengan menggandeng dinas terkait untuk mempermudah pemasaran serta pengiriman.

b.      Cara Memasarkan
Terutama dengan memasuki toko-toko kerajinan yang ada di Australia dan dengan cara memasuki toko Indonesia yang berada di Australia. Tidak hanya secara langsung, pemasaran juga menggunakan media online, agar jaringannya dapat mencakup dunia. Selain itu, dengan menggunakan media jejaring sosial yang sekarang ini menjadi budaya seluruh masyarakat, sehingga memudahkan, serta lebih efisien dalam memasarkan.

c.       Analisis Peluang Pasar
Usaha kami rencana ingin memasarkan di negara Australia, yang cukup dekat dengan Indonesia. Peluang pasar di negara maju lebih baik, apalagi produk yang kita produksi berbahan dari bahan alami dan tidak merusak lingkungan. Masyarakat modern dan maju lebih menyukai produk yang ramah lingkungan (go green).

d.      Mengembankan sasaran pemasaran
Mengembangkan dengan cara menggandeng dinas terkait untuk mendapat bantuan dalam hal promosi dan mempermudah untuk mengeksport barang ke Australia. Dengan menggunakan model reseller, kami lebih mudah untuk mengembangkan usaha kami.

e.       Menganalisa pesaing
Semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi peluang untuk membuka usaha yang sama serta semakin ketat juga persaingan. Persaingan muncul berupa harga yang ditawarkan, kualitas barang, pelayanan yang cepat serta meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Dalam mengatasi hal ini perusahaan kami akan mengutamakan kepuasan pelanggan akan produk kami. Hal ini diharapkan akan berdampak jangka panjang yang memungkinkan konsumen menjadi loyal.
f.       Menganalisa konsumen
Customer yang menjadi sasaran adalah orang yang membutuhkan barang yang terutama memilih pigura yang menggunakan bahan alami. Selain konsumen langsung para calon retailer yang ingin menjalani bisnis ini merupakan target perusahaan kami.

V.                Market Situation Analisis
a.       Market Summary (keadaan pasar yang ada, Growth,Trend,Selera Konsumen, dst)
Penjualan kerajinan yang terbuat dari bahan alami sekarang ini memang sudah marak. Hal ini dikarenakan permintaan dari konsumen sangat tinggi. Semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi peluang untuk membuka usaha yang sama serta semakin ketat juga persaingan. Persaingan muncul berupa harga yang ditawarkan, kualitas barang, pelayanan yang cepat serta meningkatkan kepercayaan dari konsumen.
    1. Market Demographics (Keadaan demografi Masyarakat)
Dibanding dengan pigura yang terbuat dari kayu biasa, pigura dari bahan enceng gondok merupakan suatu kebutuhan yang bisa dikatakan sering dicari. Saat ini masyarakat domestik ataupun luar negeri lebih memilih barang yang menggunakan bahan alami (go green).
    1. Competitor Analysis / Menganalisa pesaing-pesaing (Kualitas produk, Services, Marketshare)
Sejauh ini produsen yang menggunakan bahan dasar enceng gondok cukup banyak, tetapi mayoritas membuat kursi, tas, dll. untuk enceng gondok dibuat untuk figura ini masih belum ada produsennya, jadi untuk bersaing di pasar usaha ini cukup mudah.
    1. Company Analysis (Menganalisa Perusahaan kita)
Usaha ini cukup baru, karena produksi dengan menggunakan enceng gondok dan menghasilkan pigura belum ada di pasaran pada umumnya.
    1. Customer Analysis (Menganalisa behaviour Konsumen)
Konsumen luar negeri terutama kelas menengah ke atas, sedang menggemari produk-produk ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan, sehingga, produk figura dari enceng gondok ini selain unik juga tidak merusak lingkungan menjadi kegemaran masyarakat secara luas.
Customer yang menjadi sasaran adalah orang yang membutuhkan barang yang terutama memilih pigura yang menggunakan bahan alami. Selain konsumen langsung para calon retailer yang ingin menjalani bisnis ini merupakan target konsumen.
VI.             Analisis SWOT Usaha
a.       Strengh
1.      Memiliki harga yang cukup terjangkau
2.      Dekat dengan sumber bahan baku
3.      Usaha yang belum ada pesaing
b.      Weakness
1.      Pengalaman pendiri yang kurang dalam hal pemasaran ke luar negeri
2.      Waktu pengerjaan yang cukup lama
c.       Opportunity
1.      Masyarakat gemar akan produk yang alami dan tidak merusak lingkungan
2.      Propek ke depan menjanjikan
d.      Threat
1.      Produk mudah ditiru

VII.          Kesimpulan
Dengan adanya usaha tersebut, kami yakin bahwa bisnis ini akan booming di pasar Internasional. Karena produk ini sangat alami, tidak merusak lingkungan, dan memiliki label go green. Usaha ini akan terus melakukan inovasi serta perluasan pemasaran agar jangkauan pemasaran tidak hanya di 1 negara, melainkan di banyak negara di Dunia.

1 comment:

  1. hi saya sonny dari manado. bolehkah saya bertanya di mana bisa di pasarkan eceng gondok kering. stok eceng gondok di daerah saya sangat berlimpah. saya ingin memasarkan produk eceng gondok yang kering. bisakah membantu kami menemukan pembeli eceng gondok?

    ReplyDelete

loading...