I.
Latar Belakang Usaha
Usaha ini memproduksi
figura foto maupun lukisan berbahan dasar dari enceng gondok. Melihat potensi
daerah sekitar Salatiga yang dekat dengan Rawa Pening sebagai penghasil enceng
gondok yang cukup besar, sehingga dapat memanfaatkan menjadi figura foto.
Enceng gondok biasanya diproduksi menjadi tas ataupun kursi. Akan tetapi, kami
produsen enceng gondok membuat inovasi menjadikan enceng gondok sebagai bahan
dasar figura foto maupun lukisan
II.
Visi Usaha
a. Menjadi
usaha kerajinan alami yang digemari masyarakat dunia.
III.
Misi Usaha
a. Membangun
usaha dari nol yang berkembang secara konsisten hingga terbentuk usaha yang
independen dan mandiri.
b. Membangun
mitra usaha seluas-luasnya.
c. Membangun
kepercayaan pada pelanggan sehingga memperoleh reputasi baik.
d. Memberikan
manfaat kepada masyarakat sekitar dengan cara memberikan edukasi tentang
pembuatan kerajinan dari enceng gondok.
IV.
Analisis Pemasaran
a. Tujuan
Pemasaran
Pemasaran dilakukan di
luar negeri, yaitu Australia, dengan menggandeng dinas terkait untuk
mempermudah pemasaran serta pengiriman.
b. Cara
Memasarkan
Terutama dengan
memasuki toko-toko kerajinan yang ada di Australia dan dengan cara memasuki
toko Indonesia yang berada di Australia. Tidak hanya secara langsung, pemasaran
juga menggunakan media online, agar jaringannya dapat mencakup dunia. Selain
itu, dengan menggunakan media jejaring sosial yang sekarang ini menjadi budaya
seluruh masyarakat, sehingga memudahkan, serta lebih efisien dalam memasarkan.
c. Analisis
Peluang Pasar
Usaha kami rencana
ingin memasarkan di negara Australia, yang cukup dekat dengan Indonesia.
Peluang pasar di negara maju lebih baik, apalagi produk yang kita produksi
berbahan dari bahan alami dan tidak merusak lingkungan. Masyarakat modern dan
maju lebih menyukai produk yang ramah lingkungan (go green).
d. Mengembankan
sasaran pemasaran
Mengembangkan dengan
cara menggandeng dinas terkait untuk mendapat bantuan dalam hal promosi dan
mempermudah untuk mengeksport barang ke Australia. Dengan menggunakan model
reseller, kami lebih mudah untuk mengembangkan usaha kami.
e. Menganalisa
pesaing
Semakin tinggi
permintaan maka semakin tinggi peluang untuk membuka usaha yang sama serta
semakin ketat juga persaingan. Persaingan muncul berupa harga yang ditawarkan,
kualitas barang, pelayanan yang cepat serta meningkatkan kepercayaan dari konsumen.
Dalam mengatasi hal ini perusahaan kami akan mengutamakan kepuasan pelanggan
akan produk kami. Hal ini diharapkan akan berdampak jangka panjang yang
memungkinkan konsumen menjadi loyal.
f. Menganalisa
konsumen
Customer yang menjadi
sasaran adalah orang yang membutuhkan barang yang terutama memilih pigura yang
menggunakan bahan alami. Selain konsumen langsung para calon retailer yang
ingin menjalani bisnis ini merupakan target perusahaan kami.
V.
Market
Situation Analisis
a.
Market Summary (keadaan pasar yang ada,
Growth,Trend,Selera Konsumen, dst)
Penjualan
kerajinan yang terbuat dari bahan alami sekarang ini memang sudah marak. Hal
ini dikarenakan permintaan dari konsumen sangat tinggi. Semakin tinggi
permintaan maka semakin tinggi peluang untuk membuka usaha yang sama serta
semakin ketat juga persaingan. Persaingan muncul berupa harga yang ditawarkan,
kualitas barang, pelayanan yang cepat serta meningkatkan kepercayaan dari
konsumen.
- Market Demographics (Keadaan demografi Masyarakat)
Dibanding dengan
pigura yang terbuat dari kayu biasa, pigura dari bahan enceng gondok merupakan
suatu kebutuhan yang bisa dikatakan sering dicari. Saat ini masyarakat domestik
ataupun luar negeri lebih memilih barang yang menggunakan bahan alami (go
green).
- Competitor Analysis / Menganalisa pesaing-pesaing (Kualitas produk, Services, Marketshare)
Sejauh ini
produsen yang menggunakan bahan dasar enceng gondok cukup banyak, tetapi
mayoritas membuat kursi, tas, dll. untuk enceng gondok dibuat untuk figura ini
masih belum ada produsennya, jadi untuk bersaing di pasar usaha ini cukup
mudah.
- Company Analysis (Menganalisa Perusahaan kita)
Usaha ini cukup
baru, karena produksi dengan menggunakan enceng gondok dan menghasilkan pigura
belum ada di pasaran pada umumnya.
- Customer Analysis (Menganalisa behaviour Konsumen)
Konsumen luar
negeri terutama kelas menengah ke atas, sedang menggemari produk-produk ramah
lingkungan dan tidak merusak lingkungan, sehingga, produk figura dari enceng
gondok ini selain unik juga tidak merusak lingkungan menjadi kegemaran
masyarakat secara luas.
Customer yang
menjadi sasaran adalah orang yang membutuhkan barang yang terutama memilih
pigura yang menggunakan bahan alami. Selain konsumen langsung para calon
retailer yang ingin menjalani bisnis ini merupakan target konsumen.
VI.
Analisis SWOT Usaha
a. Strengh
1. Memiliki
harga yang cukup terjangkau
2. Dekat
dengan sumber bahan baku
3. Usaha
yang belum ada pesaing
b. Weakness
1. Pengalaman
pendiri yang kurang dalam hal pemasaran ke luar negeri
2. Waktu
pengerjaan yang cukup lama
c. Opportunity
1. Masyarakat
gemar akan produk yang alami dan tidak merusak lingkungan
2. Propek
ke depan menjanjikan
d. Threat
1. Produk
mudah ditiru
VII.
Kesimpulan
Dengan
adanya usaha tersebut, kami yakin bahwa bisnis ini akan booming di pasar
Internasional. Karena produk ini sangat alami, tidak merusak lingkungan, dan
memiliki label go green. Usaha ini akan terus melakukan inovasi serta perluasan
pemasaran agar jangkauan pemasaran tidak hanya di 1 negara, melainkan di banyak
negara di Dunia.
hi saya sonny dari manado. bolehkah saya bertanya di mana bisa di pasarkan eceng gondok kering. stok eceng gondok di daerah saya sangat berlimpah. saya ingin memasarkan produk eceng gondok yang kering. bisakah membantu kami menemukan pembeli eceng gondok?
ReplyDelete