Friday, January 31, 2020

Hakikat dan Prinsip Pengembangan Kurikulum


Pendahuluan

Bahwa kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan tertentu. Oleh karena itu, setiap ada perubahan tujuan atau faktor lain yang mempengaruhi tercapainya tujuan, kurikulum pun akan mengalami perubahan. Mengingat kondisi masyarakat yang selalu berubah, maka kurikulum harus luwes untuk mengalami penyesuaian sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakatnya. Perubahan yang dimaksudkan di sini diharapkan perubahan yang menuju pada pengembangan, bukan sebaliknya.  Mengingat kondisi masyarakat yang selalu berubah, maka kurikulum harus luwes untuk mengalami penyesuaian sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakatnya. Perubahan yang dimaksudkan disini diharapkan perubahan yang menuju pada pengembangan. Kurikulum sebenarnya kurikulum memiliki dua kegiatan yang saling terkait, yaitu pengembangan dan pembinaan kurikulum. 

Pengembangan kurikulum merupakan kegiatan untuk menghasilkan kurikulum, sedangkan pembinaan merupakan kegiatan pelaksanaan dan pemantauan pelaksanaannya. Fungsi pengembangan kurikulum adalah menghasilkan kurikulum, sedangkan pembinaan berfungsi untuk mempertahankan dan menyempurnakan kurikulum yang sudah ada supaya hasilnya maksimal. Dilihat dari sifatnya, pengembangan bersifat konseptual, sedangkan pembinaan bersifat material. Subunit 1 membahas konsep dasar pengembangan kurikulum, dan Subunit 2 akan menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Melalui sajian pada kedua subunit ini, diharapkan dapat:

1. menjelaskan hakikat pengembangan kurikulum;
2. menjelaskan fungsi dan peranan pengembangan kurikulum;
3. menjelaskan asas-asas pengembangan kurikulum; serta
4. menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum.

No comments:

Post a Comment

loading...