Monday, December 15, 2014

VIRUS DAN ANTIVIRUS !!!!



VIRUS !!! Apa yang ada dibenak rekan-rekan semua saat mendengar kata tersebut?? Sudah pasti hal yang paling tidak diingankan hadir di kehidupan kita kan? Asekk… Seperti pengalaman admin sendiri yang pernah “dikerjai” oleh virus beberapa kali, hingga harus meng-instal ulang computer untuk beberapa kali. Beberapa hal yang pernah terjadi pada computer admin adalah ketika admin mau print skripsi di rental computer di area kampus, karena sudah sangat tergesa-gesa, yang penting colok dan print, tanpa melihat situasi/keadaan computer pada rental tersebut. Setelah di print, oke fine,, admin seneng-seneng aja sih,,hahaha.. tapi….. waktu sampai di rumah dan colok flashdisk ke computer admin, tiba-tiba seluruh file yang ada pada flashdisk tersebut berubah menjadi shortcut. Kaget? Iya Shock? Banget,, kenapa?? Karena ada beberapa file yang belum sempat di backup admin. Nah, dari kejadian di atas, sangat penting bahwa untuk membackup data kita baik di computer, flashdisk lain, atau penyimpanan virtual seperti google drive. Nah admin akan bahas tentang penyimpanan virtual pada kesempatan lainya ya..

Yap.. kita masuk ke bahasan tentang VIRUS, pada artikel berikut ini akan dibahas beberapa macam virus yang biasa menyerang computer/laptop kita dan akan membahas antivirus yang biasa digunakan di computer kita. Virus sendiri adalah suatu program computer biasa, tetapi memiliki perbedaan dengan program-program lainya. Viru ini dibuat untuk menulari, mengubah, memanipulasi, bahkan dapat merusak program-program lainya.  Berikut akan saya paparkan beberapa virus yang biasa menyerang computer kita :

      1.      Discusx.vbs
   Ukuran dari virus ini sekitar 4.800 bytes. Virus ini akan menginfeksi di beberapa drive computer/laptop termasuk juga flashdisk. Biasanya komputer yang terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan system32.sys.vbs pada root drive tersebut.

      2.      Reva.vbs
      Virus ini mencoba menyebarkan dirinya ke setiap drive komputer termasuk dalam flashdisk anda. Pada drive yang terinfeksi, akan terdapat file reva.vbs, autorun.inf, dan shaheedan.jpg. Selain itu, virus itu akan mengubah halaman default dari windows explorer agar mengarah ke situs www.arrahmah.com .

      3.      XFly
       Virus ini memiliki ukuran 143.360 bytes. Virus ini juga dapat menyamar sebagai folder, file mp3 winAmp atau yang lainya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Virus ini menyebabkan layar hitam + pesan dari pembuat virus pada monitor pada jam 12.30, 16.00, atau 20.00.

      4.      Explorea
       Virus yang berukuran sekitar 167.936 bytes ini menyerang Registry Windows dengan mengubah default open dari beberapa extension seperti .LNK, .PIF, .BAT, .COM. pada komputer yang terinfeksi, akan memunculkan pesan eror seperti contoh pada saat membuka system properties.

      5.      Gen.FTE
      Virus ini dapat menghilangkan beberapa menu di Start Menu juga akan memblok akses ke Task Manager, Command Prompt.

      6.      Hampa
       Virus ini dibuat menggunakan Visual Basic dan ber-icon folder memiliki ukuran sekitar 110.592 bytes. Virus ini menyebabkan perubahan yang di buat pada Windows, seperti Registry, File System, serta pada saat memulai Windows, akan muncul pesan dari pembuat virus.

      7.      ForrusWaitme
     Virus ini menggunakan icon mirip folder standard windows untuk melakukan penyamaran. Beberapa efeknya dalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu folder option, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi.

Berikut pemaparan admin tentang beberapa jenis-jenis virus yang beredar di jaringan komputer anda atau siapa saja. Setelah ini admin akan membahas tentang antivirus, antivirus adalah aplikasi atau alat yang digunakan untuk memproteksi komputer dari serangan virus. Selain itu, antivirus juga dapat men-scan komputer untuk mendeteksi adanya gangguan virus, setelah itu ada beberapa tindakan yang bisa anda pilih untuk memperlakukan virus tersebut seperti dikarantina, dihapus, dan dibiarkan saja. Berikut beberapa antivirus yang biasa dipakai oleh pengguna komputer

      1.      Kaspersky
     Kelebihan dari antivirus ini adalah Komponen Proactive Defense merupakan kelebihan utama antivirus ini. Dibuat dengan tujuan untuk menganalisa kebiasaan program terinstall, memonitor perubahan di system registry tracking macros, dan mencegah ancaman tersebunyi. Selain itu, Kaspersky memiliki kekurangan dalam hal proses start awal program yang memakan waktu cukup lama serta proses scanning dan update virus yang lama.



2.      Avira
Antivirus ini pasti sudah familiar ditelingan anda-anda semua. Avira memiliki kelebihan yaitu tidak terlalu protektif terhadap aplikasi-aplikasi yang dijalankan oleh komputer, dijalankan sebagai proses background, memeriksa setiap file yang dibuka atau ditutup. Memungkinkan dapat mendeteksi dan menghapus rootkits, serta update secara offline yang mudah. Kekurangan dari Avira ini adalah memblokir seluruh file autorun.inf yang bukan termasuk dalam kateogori virus sehingga akan sedikit mengganggu program. System update langsung yang cukup lama.



3.      AVG
AVG sudah memiliki fitur yang lengkap perihal keamanan, sehingga system proteksi pada AVG diilai lengkap dan canggih. Kelebihan AVG adalah LinkScanner, yaitu menscan tautan pranala saat surfing di internet. LinkScanner berfungsi baik pada peramban Mozila Firefox serta IE (Internet Explorer). Selain itu, AVG juga memiliki fitur anti rootkit. Kelemahan AVG adalah sebagian besar virus hanya dapat dikarantina tidak untuk dihapus pada saat pendeteksian.



4.      Norton
Antivirus ini bekerja cepat, dan dapat dipakai diberbagai windows dari 32 bit hingga 64 bit. Kelemahan dari antivirus ini adalah sangat overprotektiv.




5.      MSE (Microsoft Security Essential)
MSE ini sangatlah ringan dan mudah digunakan karena gratis, tidak ada proses registrasi yang membutuhkan penagihan atau pengumpulan informasi pribadi. System update yang lama menjadikan kelemahan antivirus MSE ini.



6.      McAfee
McAfee dilengkapi dengan fitur setting agar anak-aanak dapat bermain bebas di internet namun tetap dapat dikontrol menuju website tertentu. Melindungi secara menyeluruh dari gangguan hacker. Kelemahannya adalah update lama, dan sangat berat apabila diinstall pada komputer dibawah dual core.



7.      Avast!
Avast! Bekerja sangat teliti dengan tampilan yang sederhana sehingga tidak memberatkan proses kerja komputer. Kelemahan avast adalah memakan waktu cukup lama dalam scaning, serta false alarm yang cukup banyak.





8.      NOD32
Antivirus ini adalah yang paling ringan diantara yang lainya. NOD32 selain sangat ringan, dalam proses scanningnya juga sangat cepat. Antivirus ini sangat overprotektiv dan belum tersedia update offline nya.



9.      Smadav
Antivirus loka ini sangatlah ringan, dapat dipakai di berbagai macam windows. Antivirus ini sangat digemari, karena dapat membetulkan segala file hidden akibat virus shortcut dengan cepat. Smadav juga baik digunakan sebagai pelengkap antivirus lainya.




sumber :
http://www.ukm.my/ptjzon3/?page_id=402

http://saputrawijayatkj.blogspot.com/p/antivirus-bitdefender-bitdefender.html

No comments:

Post a Comment

loading...