Friday, January 31, 2020

Proses Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 1


Makna perubahan kurikulum

Bila kita bicara tentang perubahan kurikulum, kita dapat bertanya dalam arti apa kurikulum digunakan?. Kurikulum dapat dipandang sebagai buku atau dokumen yang digunakan guru sebagai pegangan dalam proses belajar- mengajar. Kurikulum dapat juga dilihat sebagai produk yaitu apa yang diharapkan dapat dicapai siswa dan bagaimana proses mencapainya. Kurikulum dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang hidup dan berlaku selama jangka waktu tertentu dan perlu direvisi secara berkala agar tetap relevan dengan perkembangan jaman.
Kurikulum pun dapat ditafsirkan sebagai kenyataan yang terjadi di dalam kelas. Kurikulum dalam arti ini tak mungkin direncanakan sepenuhnya, serinci-rincinya, karena interaksi di dalam kelas selalu timbul hal-hal yang spontan dan kreatif yang tak selalu dapat diramalkan sebelumnya. Dalam konteks seperti ini, guru memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi pengembang kurikulum bagi kelas yang diasuhnya. Maka, kurikulum dapat dipandang sebagai cetusan  jiwa pendidik yang berusaha untuk mewujudkan cita- cita, nilai- nilai yang  tertinggi dalam perilaku anak- didiknya. Kurikulum ini sangat erat hubungannya dengan kepribadian guru.

Kurikulum yang  formal  relative  lebih terbatas daripada kurikulum yang riil. Kurikulum riil bukan sekadar dari  buku  pedoman, melainkan segala sesuatu yang dialami anak di dalam dan di luar  kelas,  termasuk ruang olah raga, warung sekolah, tempat bermain, karyawisata, dan banyak kegiatan lainnya. Kurikulum riil berkaitan dengan keseluruhan kehidupan anak sepanjang bersekolah. Mengubah  kurikulum dalam  arti yang luas ini jauh lebih pelik, sebab menyangkut banyak  variabel. Perubahan kurikulum di sini berarti mengubah semua yang terlibat di dalamnya, yaitu guru sendiri, murid, kepala sekolah, penilik, orang tua, dan masyarakat yang berkepentingan dengan pendidikan sekolah. Ini berarti perubahan kurikulum adalah perubahan sosial atau curriculum change is a social change.

No comments:

Post a Comment

loading...