Wednesday, July 10, 2013

Pendidikan Kewarganegaraan I


1.      Jelaskan bagaimana upaya meningkatkan nasionalisme?
2.       Bagaimana menjabarkan nilai- nilai pancasila dalam kehidupan bernegara dan  bermasyarakat? Jelaskan tiap sila.
Jawaban
1.      Upaya untuk meningkatkan nasionalisme yaitu dengan cara; salah satu cara yang paling efektif yakni melalui lagu daerah ataupun lagu kebangsaan dalam memperkenalkan nasionalisme bangsa, rasa nasionalisme ini bisa pula diajarkan melalui pendidikan kewarganegaraan, semangat mencintai produk dalam negeri, menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya, menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.

2.   Pancasila berasal dari kata Panca dan Sila, Panca artinya Lima, dan Sila artinya Peraturan dan tingkah laku yang baik. Pancasila adalah dasar negara Indonesia, Pancasila ada sejak dulu kala, sejak Negara Indonesia merdeka. Pancasila juga sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia. Pancasila digunakan sebagai petunjuk dalam menjalankan aktivitas dan kehidupan di dalam segala bidang. Dengan kata lain semua tingkah laku dan perbuatan setiap masyarakat Indonesia harus sesuai dengan sila-sila Pancasila. Pancasila memiliki 5 sila, yaitu :
1.      Ketuhanan yang Maha Esa
2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
5.      Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dimana setiap sila-sila Pancasila itu sendiri, memiliki arti yang dalam bagi seluruh Bangsa Indonesia. Makna sila-sila Pancasila tersebut adalah

1.      Ketuhanan yang Maha Esa
Maknanya, Mengandung arti pengakuan yaitu Tuhan yang Maha Esa, Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya, Tidak memaksa warga negara untuk beragama,  Bertoleransi dalam beragama.

2.      Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Maknanya, Menempatkan manusia sesuai dengan hakikatnya sebagai makhluk Tuhan, Menjunjung tinggi kemerdekaan sebagai hak segala bangsa, Mewujudkan keadilan dan peradaban yang tidak lemah.

3.      Persatuan Indonesia
Maknanya, rasa Nasionalisme, cinta bangsa dan tanah air, menggalang persatuan dan kesatuan Indonesia, menghilangkan penonjolan kekuatan atau kekuasaan, keturunan dan perbedaan warna kulit, menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan.

4.      Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Maknanya, hakikat sila ini adalah demokrasi. Permusyawaratan, artinya mengusahakan putusan bersama secara bulat, baru sesudah itu diadakan tindakan bersama, dalam melaksanakan keputusan diperlukan kejujuran bersama.

5.      Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Maknanya, kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dalam arti dinamis dan meningkat, seluruh kekayaan alam dan sebagainya dipergunakan bagi kebahagiaan bersama menurut potensi masing-masing, melindungi yang lemah agar kelompok warga masyarakat dapat bekerja sesuai dengan bidangnya.

No comments:

Post a Comment

loading...