Monday, July 15, 2013

Contoh Soal Hukum Dalam Bisnis



SOAL-SOAL TAKE HOME TEST HUKUM DALAM BISNIS


1.       PT Sumber Sejahtera mempunyai jumlah pekerja 3.250 orang. PT ini karena menghormati hak asasi para pekerjanya untuk berorganisasi, mengeluarkan pendapat secara lisan maupun tertulis dan ingin melaksanakan UU No. 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Buruh, maka berdirilah beberapa serikat pekerja/buruh di PT tersebut, yaitu Serikat Buruh Keadilan, Serikat Pekerja Damai Sejahtera, Serikat Buruh Persaudaraan, Serikat Pekerja Nasional Demokrasi, dan Serikat Buruh Amanah Nasional. Apabila PT Sumber Sejahtera ingin membuat Perjanjian Kerja Bersama dengan para pekerjanya, Serikat Pekerja/Buruh mana yang berwenang mewakili pekerja untuk berunding dengan pengusaha?

2.       Pahamilah UU No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial untuk menjawab pertanyaan di bawah ini :
a.       Metode apa yang pertama kali harus digunakan oleh Buruh dan Pengusaha apabila mereka berselisih dalam hubungan industrial?
b.      Mediasi, Konsiliasi, Arbitrase dan Pengadilan Hubungan Industrial mempunyai kewenangan untuk menyelesaikan jenis perselisihan apa saja? Jelaskan dengan menggunakan tabel!
c.       Gambarkan skema tentang proses penyelesaian perselisihan hubungan industrial mulai dari munculnya perselisihan sampai dengan penyelesaian di Pengadilan Hubungan Industrial Tingkat Akhir (Kasasi)!

No comments:

Post a Comment

loading...