Perubahan dan pengembangan
Perubahan tak
selalu sama dengan pengembangan, akan tetapi pengembangan selalu mengandung perubahan. Pengembangan berarti meningkatkan
nilai atau mutu. Perubahan adalah pergeseran posisi, kedudukan atau keadaan,
yang mungkin membawa perbaikan, akan tetapi dapat juga memperburuk keadaan.
Anak yang mula-mula tak mengenal ganja, dapat berubah menjadi anak yang
mengenalnya lalu terlibat dalam kejahatan. Perubahan di sini tidak membawa
perbaikan. Namun demikian, pada umumnya niat perubahan dimaksudkan untuk
menjadikan perbaikan.
Pengembangan selalu dikaitkan dengan penilaian.
Pengembanngan diadakan untuk meningkatkan nilai. Pada suatu ketika kurikulum
sepenuhnya dipusatkan pada anak, tetapi kemudian disadari pula bahwa anak tak
dapat hidup terlepas dari masyarakat. Disadari bahwa dalam kurikulum tak dapat
diutamakan hanya satu aspek saja, akan tetapi semua aspek: anak,masyarakat,
maupun pengetahuan, secara berimbang.
No comments:
Post a Comment