Pendahuluan
Bahwa kurikulum merupakan suatu program pendidikan
yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan
tertentu. Oleh karena itu, setiap ada perubahan tujuan atau faktor lain yang
mempengaruhi tercapainya tujuan, kurikulum pun akan mengalami perubahan.
Mengingat kondisi masyarakat yang selalu berubah, maka kurikulum harus luwes
untuk mengalami penyesuaian sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
masyarakatnya. Perubahan yang dimaksudkan di sini diharapkan perubahan yang
menuju pada pengembangan, bukan sebaliknya. Mengingat kondisi masyarakat yang selalu
berubah, maka kurikulum harus luwes untuk mengalami penyesuaian sesuai dengan
perkembangan dan tuntutan masyarakatnya. Perubahan yang dimaksudkan disini
diharapkan perubahan yang menuju pada pengembangan. Kurikulum sebenarnya
kurikulum memiliki dua kegiatan yang saling terkait, yaitu pengembangan dan
pembinaan kurikulum.
Pengembangan
kurikulum merupakan kegiatan untuk menghasilkan kurikulum, sedangkan pembinaan
merupakan kegiatan pelaksanaan dan pemantauan pelaksanaannya. Fungsi pengembangan
kurikulum adalah menghasilkan kurikulum, sedangkan pembinaan berfungsi untuk
mempertahankan dan menyempurnakan kurikulum yang sudah ada supaya hasilnya
maksimal. Dilihat dari sifatnya, pengembangan bersifat konseptual, sedangkan
pembinaan bersifat material. Subunit 1 membahas konsep dasar pengembangan
kurikulum, dan Subunit 2 akan menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum. Melalui sajian pada kedua subunit ini, diharapkan dapat:
1. menjelaskan hakikat
pengembangan kurikulum;
2. menjelaskan fungsi dan
peranan pengembangan kurikulum;
3. menjelaskan asas-asas
pengembangan kurikulum; serta
4. menjelaskan prinsip
pengembangan kurikulum.
No comments:
Post a Comment