• Usaha
arang dari batok kelapa di Tingkir
yang bernama Charcoblaze
• Segmentasi : pasar internasional, khususnya negara Amerika dan Eropa
• Strategi : Produksi dilakukan karena adanya permintaan yang
tinggi dari konsumen, khususnya dari Eropa
• Analisis 4P (Product, Place, Price,
Promotion)
Ø
Produk
yang berkualitas: harus meningkatkan kapasitas produki agar bisa memenuhi
permintaan pasar, produk arang ini merupakan produk yang ramah lingkungan
karena berbahan dasar dari batok kelapa, tepung tapioka, dan air. Produk arang
ini di Eropa digunakan untuk barbeque, sedangkan di Amerika digunakan untuk Shisha.
Ø
Kemudahan
mendapatkan produk: untuk mendapatkan produk bisa memesan produk arang ini bisa
dilakukan dengan cara via telepon
Ø
Harga
yang ditentukan: karena konsumen produk
ini orang dari Eropa dan Amerika, harga arang batok kelapa ini masih bisa
dijangkau dan termasuk harga yang cukup bersaing di negara-negara tersebut
karena buyer dari produk ini masih menjual kembali arang tersebut di negara asalnya
dengan harga yang jauh lebih tinggi dari
harga yang ditentukan oleh Bpk. Irwadi.
Harga arang dari batok kelapa dipatok dengan harga Rp7000,00 per Kg.
Ø
Promosi:
Produk ini dijual kepada single buyer,
sehingga Bpk. Irwadi tidak memerlukan kegiatan promosi.
·
Analisis
SWOT
Ø Strenght: produk arang ini berbahan dari
batok kelapa sehingga tidak merusak lingkungan, mesin produksi tidak di jual
bebas di pasaran, kualitas produk memenuhi standart Eropa.
Ø Weakness: kapasitas produksi belum bisa
memenuhi permintaan pasar
Ø Opportunity: belum banyak pesaing, permintaan dari buyer tinggi, masih terbuka
peluang untuk mencari buyer yang lebih banyak.
Ø Threats: masih terbukanya peluang bagi
orang lan untuk masuk ke bisnis pembuatan arang dari batok kelapa.
No comments:
Post a Comment