1.1.Latar
Belakang
Pemasaran adalah satu kegiatan inti yang harus
dilakukan oleh perusahaan untuk bersaing
dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Hal ini dilakukan karena persaingan dunia
bisnis saat ini makin ketat, terutama perusahaan-perusahaan yang melakoni
bisnis di bidang yang sama.
Tanpa pemasaran, perusahaan tidak dapat
memasarkan barang/jasa yang dihasilkan, karena konsumen tidak mengetahui
barang/jasa tersebut, sehingga tidak ada yang akan membelinya. Banyak
perusahaan yang menggunakan pemasaran untuk berlomba – lomba memasarkan
produknya kepada konsumen. Seperti produk minuman ion Pocari Sweat yang
mempromosikan minuman dengan iklan yang menarik, fokus pada target pemasaran
yang telah ditentukan. Kegiatan promosi ini sukses karena kekreatifan dalam
promosi dan menganalisis masalah secara strategis yang memberikan dampak
positif bagi perusahaan.
Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk, jenis
produk, ciri-ciri produk dan manfaat produk tersebut. Promosi biasanya
dilakukan dengan cara iklan yang
merupakan media satu arah.
Strategi promosi sangat perlu dilakukan oleh suatu
perusahaan, karena adanya peningkatan kompleksitas dan luasan pasar sasaran.
Pemakaian strategi promosi harus tepat, dalam hal ini perusahaan harus melihat
ke-efektifan serta ke-efisienan yang maksimal untuk menggunakan strategi
promosinya.
Dengan melihat pengaruh dari promosi itu sangat penting,
maka kami ingin mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Adi Warna Foto
Studio di
Jakarta.
1.2.Masalah
dan Persoalan Penelitian
Berdasarkan
kenyataan yang ada, permasalahan yang muncul adalah ketatnya persaingan dalam bisnis Fotografi. Karena hal
ini, perusahaan harus memiliki strategi promosi yang dapat menarik konsumen
untuk menggunakan jasa tersebut. Berdasarkan masalah penelitian yang telah dirumuskan maka
persoalan penelitian sebagai berikut :
1.
Bagaimana
strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta?
1.3.Tujuan
dan Manfaat Penelitian
Tujuan
penelitian adalah untuk menjawab semua persoalan yang telah diuraikan pada
persoalan penelitian. Maka tujuan penelitian ini adalah :
1.
Untuk
mengetahui strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta.
Manfaat dari
penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pengembangan
strategi promosi yang dijalankan oleh Adi Warna Foto Studio Jakarta dalam
menghadapi persaingan di dunia bisnis.
BAB II
KERANGKA TEORITIS
2.1.Definisi Strategi Promosi
Strategi
promosi adalah aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan
produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan
konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut. (Kotler 1986).
Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran,
artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan
dan
produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada
produk yang
ditawarkan
perusahaan yang bersangkutan, Tjiptono (2001 : 219).
Sementara Sistaningrum (2002 : 98) mengungkapkan
arti promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi
”konsumen aktual” maupun ”konsumen potensial” agar mereka mau melakukan
pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang
akan datang.
Strategi
promosi adalah perencanaan, implementasi dan pengendalian dari komunikasi
organisasi dengan pelanggan dan target pendengar yang lain. Strategi bauran
promosi mengkombinasikan periklanan,penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan
masyarakat menjadi program yang terkoordinasi untuk berkomunikasi dengan pembeli/pelanggan
dan pihak lain yang terlibatdalam keputusan pembelian, strategi bauran promosi
meliputi keputusan dalam tujuan komunikasi, anggaran promosi dan ketentuan berbagai
komponen dalam bauran promosi.
Kotler
(2000) mengemukakan bahwa bauran promosi sebagai media komunikasi pemasaran
memiliki lima kegiatan utama yaitu periklanan (advertising), penjualan secara
personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas
dan hubungan masyarakat (publicity and public relations), pemasaran langsung
(direct marketing). Penjelasan dari
masing-masing point, sebagai berikut :
1. Periklanan
Periklanan merupakan semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal
atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor (Kotler,
2000). Iklan digunakan oleh perusahaan guna menginformasikan, menarik, dan
mempengaruhi orang.
2. Publisitas
(Publicity)
Shimp (2000) menyatakan publisitas adalah sejumlah informasi
mengenai orang, barang atau organisasi yang disusun dalam ruang editorial suatu
media tanpa dipungut biaya untuk dibaca, dilihat atau didengar oleh para
konsumen atau calon konsumen dengan maksud khusus untuk mencapai tujuan
penjualan. Publisitas dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial
mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Publisitas dan humas berfungsi
sebagai mediator antara perusahaan dan masyarakat luas.
3. Penjualan
Perorangan (Personal Selling)
Penjualan perorangan (personal selling) adalah bentuk
komunikasi antar individu dimana tenaga penjual atau wiraniaga
menginformasikan, mendidik, dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk
membeli produk atau jasa perusahaan (Shimp, 2000).
4. Promosi
Penjualan (Sales Promotion)
Menurut Shimp (2000), promosi penjualan terdiri dari semua
kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadi aksi pembelian suatu produk
dengan cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat. Promosi
penjualan diarahkan baik untuk perdagangan (kepada pedagang besar dan pengecer)
maupun kepada konsumen. Promosi penjualan yang berorientasi perdagangan
memberikan berbagai jenis bonus untuk meningkatkan respon dari pedagang besar
dan pengecer. Promosi penjualan berorientasi konsumen menggunakan kupon,
premium, contoh gratis, kontes atau undian, potongan harga setelah pembelian,
dan lain-lain.
Kotler (2000), menyebutkan tiga manfaat promosi penjualan
sebagai berikut :
a. Alat
komukasi
Promosi penjualan menarik perhatian dan memberikan informasi
yang dapat mengarahkan konsumen kepada produk bersangkutan.
b. Memberikan
insentif
Promosi penjualan menggabungkan sejumlah kebebasan, dorongan,
atau kontribusi yang memberi nilai bagi konsumen.
c. Mengajak
Promosi penjualan merupakan ajakan untuk melakukan transaksi
pembelian.
5. Pemasaran
Langsung (direct marketing)
Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang bersifat
interaktif yang menggunakan satu atau beberapa media iklan untuk menghasilkan
tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi (Kotler,
2000). Pemasaran langsung, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada
konsumen tingkat individu, dengan tujuan agar pesan-pesan tersebut ditanggapi
konsumen yang bersangkutan.
2.2.Pengukuran Konsep
Definiendum
|
Strategi Promosi
|
Definiens
|
Aktivitas yang
dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan konsumen sasaran untuk
membeli produk tersebut.
|
Genus
Proximum
|
Aktivitas
|
Differentia
Spesifica
|
Yang dilakukan
perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dibuatnya, membujuk pelanggan dan konsumen sasaran untuk
membeli produk tersebut.
|
Aras
Ukur
|
Ordinal
|
Macam
Konsep
|
Variabel
|
Sub
Konsep
|
Mengkomunikasikan
produk Membujuk pelanggan dan Konsumen
|
Indikator
Empiris
|
Periklanan,
publisitas, Personal selling, sales promotion
pemasaran
langsung
|
Konsep dasar
|
Dimensi konsep
|
Indikator Empiris Atas Dasar Dimensi Promosi
|
|
Perusahaan :
Adi Warna Foto Studio Jakarta
|
Strategi Promosi Perusahaan
|
||
Strategi
Promosi
|
Mengkomunikasikan
Produk
|
1. Apa tujuan perusahaan “ Adi Warna Foto
Studio Jakarta “ mengkomunikasikan produknya?
2.Bagaimana cara perusahaan “Adi Warna Foto Studio
Jakarta” mengkomunikasikan produknya?
|
1. Mengkomunikasikan produknya agar konsumen mengenal produk
yang disediakan oleh adiwarna khusunya dalam produk jasa fotografi untuk prewedding
dan pembuatan album. Sehingga konsumen mendapatkan informasi yang cukup untuk
memutuskan penggunaan produk jasa adiwarna.
2. Cara
perusahaan adiwarna photostudio mengkomunikasikan produknya dengan
menyebarkan brosur kepada konsumen, membuat pameran yang menarik dengan
lokasi banyak pengunjung, membuat account jejaring sosial seperti facebook
untuk memperkenalkan produk yang ada di adiwarna photostudio,serta mengadakan
pertemuan dengan konsumen untuk menjelaskan produk2 yg akan diberikan secara
detail.
|
|
Membujuk pelanggan
dan konsumen
|
1.Apa tujuan Perusahaan “ adi Warna Foto Studio
Jakarta” membujuk pelanggan dan konsumen?
2.Bagaimana cara prusahaaan “Adi Warna Foto Studio
Jakarta” membujuk pelanggan dan konsumen?
|
|
BAB
III
METODE PENELITIAN
3.1.Obyek Penelitian
Obyek penelitian yang akan diteliti adalah
Adi Warna Foto Studio di Jakarta.
3.2.Metode Penelitian
Metode
penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan
tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
sehingga data dalam penelitian adalah data kualitatif. Data kualitatif adalah
tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial
yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam
kawasannya sendiri dan berhubungan dengan
orang – orang tersebut dalam bahasanya (Kirk dan Miller, 1986).
No comments:
Post a Comment