I.
Sabun Susu
1.
Deskripsi produk
|
Untuk melakukan ritual mandi susu sekarang kita tidak perlu lagi pergi ke salon
atau spa dan mengeluarkan biaya yang besar dan meluangkan waktu khusus untuk
melakukan ritual mandi susu untuk menjaga kecantikan kulit.
Kini Naraya Milk Soap, sabun susu sapi murni,
produksi CV Glorius, Cirebon, Indonesia hadir sebagai solusi untuk semua
orang yang ingin memiliki kulit mulus dan cantik dengan biaya murah dan tanpa
harus meluangkan waktu khusus.
Dengan menggunakan Naraya Milk Soap, Sabun Susu Sapi Murni setiap hari,
kita dapat merasakan sensasi mandi susu setiap saat kita mandi, hasilnya
kulit mulus dan cantik akan kita dapatkan dengan mudah dan murah.
Naraya Milk Soap hanya menggunakan bahan-bahan alami ter
pilih yang menjadikan Naraya Milk Soap sebagai Sabun Susu Sapi terbaik produksi
dalam negeri.
|
2. Kebutuhan pasar
dan tantangannya
|
Konsumen sangat butuh sabun untuk keseharian
mereka. Namun tidak semua sabun cocok dengan kulit. Naraya Milk Soap
menawarkan produk yang multi fungsi, bukan hanya untuk badan tetapi Naraya juga cocok untuk wajah. Inilah yang
menjadi salah satu trik untuk memikat konsumen. Namun dalam pemasaranya
terdapat beberapa kendala, diantaranya banyak merk sabun yang lebih
menawarkan kemewahan, serta wangi yang memikat.
|
3. Target pasar
|
Semua
kalangan,baik anak anak , remaja , maupun dewasa
|
4. Fitur kunci/utama
|
1. BUSA SEDIKIT, busa yang sedikit sering menjadi
pertanyaan konsumen, penyebab sedikitnya busa Naraya Milk Soap karena
bahan-bahan yang menjadi bahan baku Naraya Milk Soap adalah bahan-bahan
alami. Busa yang sedikit didapat dari NaOH yang diberikan sedikit untuk
menghasilkan sedikit busa.
2. WANGI KURANG, Aroma yang dominan dari Naraya
Milk Soap adalah aroma susu berpadu dengan wangi melati, kuatnya aroma susu
sapi murni akan tetap dominan dibandingkan dengan pewangi.
|
5. Manfaat utama
|
Sabun naraya milk soap dapat mencerahkan muka kusam,
mengurangi flek hitam pada wajah, menghilangkan bekas cacar, jerawat, komedo,
gatal-gatal, bau badan, serta menjadikan kulit bersih dan lembut sepanjang
hari. Jadi tidak usah merasa takut karena naraya milk sopa cocok untuk segala
jenis kulit
|
6. Proposisi nilai
|
Setelah
memakai NARAYA Milk Soap secara bertahap kulit menjadi lebih besih, lebih cerah, NARAYA
Milk Soap memang sangat baik untuk semua jenis kulit dengan harga yang
terjangkau tetapi manfaat yang didapatkan susah dijangkau oleh sabun lainnya
|
7. Keunggulan kompetitif
|
* Aman dan tidak mengandung mengandung
kimia
* Sesuai untuk semua jenis kulit
termasuk kulit kering dan sensitif
* Dapat digunakan pada kulit wajah
maupun badan
* Sertifikat Halal MUI Nomor :
01151041440609
* Sertifikat BPOM POM C A18100504101
|
8. Ringkasan teknologi
|
|
9. Kategori produk
|
Sabun
|
10. Distribusi
|
NARAYA Milk Soap, di distribusikan
dengan cara memberikan peluang usaha kepada siapa saja yang ingin menjadi
distributor. syarat yang mudah dan
minimal pembelian dan target penjualan yang terjangkau,di buat sedemikian
rupa agar dapat memberikan peluang bismis kepada semua orang.
|
11. Harga
|
100
rb/lusin
10
rb/pcs
|
12. Latarbelakang perusahaan/produsen
|
Berawal dari peternakan sapi perah di Bogor, pendiri
CV Glorius memulai usaha. Susu sapi yang melimpah saat itu hanya diserap oleh
perusahaan pengolahan susu dengan harga yang telah mereka tentukan.
Perusahaan pun berfikir untuk mengolah
susu sapi murni ini menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah
ekonomis tinggi, dan dapat menjadi peluang usaha kepada banyak orang.
Tahun 1987 pendiri cv Glorius mendapat kesempatan mengikuti pendidikan teknologi pengolahan susu sapi yang diadakan oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations, dari sana kami mendapatkan beberapa alternatif pengolahan susu sapi murni diantaranya : mengolah susu menjadi keju, mentega, dan sabun. Pilihan pun jatuh kepada sabun dengan pertimbangan teknologi yang digunakan sederhana, investasi yang terjangkau, serta pangsa pasar sabun yang lebih luas di Indonesia dibandingkan dengan keju dan mentega.
Berbekal formula pembuatan sabun dengan
bahan dasar susu sapi murni yang diajarkan oleh salah seorang instruktur yang
berasal dari Selandia Baru pada pelatihan pengolahan susu sapi yang diadakan
oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations tersebut,
pendiri cv Glorius mencoba membuat sabun dengan bahan dasar Susu Sapi murni
untuk konsumsi sendiri. Setelah beberapa lama mereka menggunakan sabun susu
sapi produksi sendiri, banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan sabun
susu, antara lain, flek hitam pada wajah yang berangsur-angsur berkurang,
kerutan pada ujung mata yang berkurang, kulit wajah terasa kencang tapi tetap
kenyal, kulit seluruh tubuhpun terasa lebih bersih dan lembab tapi tidak
berminyak.
Setelah merasakan manfaat dari sabun susu sapi
buatan sendiri, pendiri mulai memberikan secara gratis kepada kalangan
terbatas terutama keluarga dan teman-teman untuk mencoba dan merasakan
manfaat dari sabun susu sapi buatan sendiri. Hasilnya sangat
menggembirakan semua merespons positif
manfaat sabun susu sapi ini, dari
konsumen yang telah menggunakan Naraya Milk Soap beberapa telah
menceritakan testimoninya ke perusahaan.
Setelah yakin akan kualitasnya, pendiri mulai memproduksi dengan skala rumah tangga dan memasarkan sabun susu sapi produksi sendiri ini dengan cara penjualan langsung door to door. Merk yang kami gunakan saat itu adalah Milk Soap.
Seiring
perkembangan permintaan, pendiri pun mulai mengurus legalitas produk, dimulai
dari izin produksi kosmetik dari Departemen Kesehatan, pendaftaran merk,
sertifikat halal dari MUI, dan yang terakhir izin edar dari BPOM.
|
13. Kontak informasi
|
Telp : 021-93062574
e-mail : mkt@narayamilksoap.com
|
14. HaKi
|
Sudah
di patenkan
|
II. Ice Cream
1.
Deskripsi produk
|
Es krim adalah campuran, rasa manis didasarkan
pada produk susu yang telah berubah solid melalui titik beku."
Es krim merupakan makanan beku yang dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa dan pemanis |
2. Kebutuhan pasar
dan tantangannya
|
Es
krim sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan memiliki
tekstur yang lembut. Es krim adalah jenis frozen dessert paling
populer dan juga paling tinggi kandungan lemaknya. Meskipun memiliki
kandungan lemak yang sangat tinggi, es krim tetap digemari oleh masyarakat di
dunia. Tantangan bagi perusahaan saat
ini adalah mempertahankan dan memperbanyak jumlah konsumen maupun memperluas
pasarannya. Dalam Memperluas Pasar dibutuhkan kualitas. Kualitas merupakan
salah satu komponen terpenting dari value. Johnson dan Weinstein
(2004) berpendapat Value merupakan kombinasi produk harga dan kualitas
layanan. Dalam menarik minat konsumen baru perusahaan harus senantiasa
melihat kualitas guna dapat meningkatkan penjualan dan pendapatannya.
|
3. Target pasar
|
anak-anak
Sekolah Dasar dan anak-anak remaja. Anak-anak dan remaja lebih menyukai es
krim dengan berbagai rasa dibanding es krim dengan rasa hambar (natural
ice cream).
|
4.
Fitur kunci/utama
|
1.
perusahaan
menawarkan produk yang unik, dengan perpaduan antara es krim modern
dengan kuliner tradisional nusantara, dengan tetap mengutamakan cita rasa.
2.
Distribusi langsung dengan menggunakan MoKrim
(mobile es krim), merupakan cara kami untuk lebih mendekatkan diri ke
pelanggan, sehingga pelanggan dapat menjangkau es krim ini dengan mudah.
3. Pengemasan yang menarik minat pembeli,
dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan
|
5. Manfaat utama
|
MANFAAT
BAGI KESEHATAN
Menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid berhubungan erat dengan rendahnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Diduga, kandungan flavonoid pada cokelat justru menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Flavonoid pada cokelat juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Merangsang sistem kekebalan tubuh. Dengan memproduksi lebih banyak sitokin (protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh), maka cokelat bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh. Menurunkan risiko terkena kanker payudara. Berdasarkan penelitian Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, dalam International Journal of Cancer, mengonsumsi 3 gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause. |
6. Proposisi nilai
|
Pendapat
salah tentang Es Krim
1.
Keliru bila Anda mengatakan es krim adalah penyebab batuk dan pilek. Lelehan
es krim yg masuk ke dalam mulut diakibatkan oleh pengaruh suhu tubuh. Oleh
karena itu saat es krim masuk ke dalam kerongkongan suhunya pun sudah tidak
dingin.
2.
Angapan Bahwa Cokelat penyebab utama kerusakan pada gigi (karies). Kerusakan
gigi pada umumnya akibat sisa-sisa makanan yg tidak dibersihkan. Untuk
menghindarinya, biasakan menggosok gigi segera setelah mengonsumsi cokelat.
3.
Larangan memakan es krim saat sakit juga merupakan anggapan yg salah. Pada
saat sakit tubuh kita membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari
dehidrasi. Es krim yg mengandung banyak air sangat berguna sebagai penyedia
cairan tubuh. Yang tidak boleh adalah, orang sakit yg menderita radang
ternggorokan, asma dan amandel, karena dgn suhu tinggi dapat membuat penyakit
tersebut kambuh.
4. Es
krim biang keladi kegemukan, itu salah. Kegemukan disebabkan oleh energi dan
lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan
yang kurang baik dan faktor keturunan. Sementara kontribusi energi dan lemak
dalam es krim per takaran saji sangat kecil yaitu sekitar 10% dari total
kebutuhan energi/hari dan 15% dari total kebutuhan lemak/hari.
|
7. Keunggulan kompetitif
|
Es krim produk
ini mempunyai keunikan dibandingkan
dengan es krim produk lain, dan itu menjadi keunggulan kompetitif bagi
perusahaan untuk modal bersaing dengan industri es krim yang lain. Keunikan
es krim kami ada pada perpaduan antara es krim dengan cita rasa modern
dipadukan dengan kuliner tradisional nusantara.
|
8. Ringkasan teknologi
|
Dalam
penggunaan teknologi es krim yang konvensional, es krim diproduksi pada suhu
5 derajat Celcius setelah didinginkan terlebih dulu dalam tempat penyimpanan
dengan temperature -25 derajat Celcius. Sayangnya, pada saat pendinginan,
gelembung udara dalam es krim bersatu yang berarti hilangnya rasa krim dalam
produk es krim tersebut. Hilangnya rasa krim dapat digantikan dengan lemak
yang lebih tinggi yang terkandung dalam es krim, tetapi ini bukanlah apa yang
diinginkan konsumen. Mereka ingin menikmati es krim tanpa merasa bersalah
karena kepedulian terhadap kesehatan.
|
9. Kategori produk
|
Es
krim merupakan salah satu produk olahan yang siap saji. Produk instan beku
ini bergizi tinggi karena kaya akan protein dan bermanfaat bagi pencernaan
tubuh.
Kemasan merupakan salah satu alat pemasaran yang penting. Dalam pemasaran produk es krim yang dihasilkan, digunakan kemasan cup plastik dengan ukuran 200 ml. Pemilihan kemasan ini bertujuan untuk memudahkan konsumen yaitu anak Sekolah Dasar (SD) dan anak-anak remaja dalam membeli dan mengkonsumsi produk. Selain itu, penggunaan kemasan ini juga akan memperkecil biaya produksi dibandingkan bila harus menggunakan kemasan khusus. Jenis es krim yang dihasilkan adalah rasa strawberry, cokelat dan vanilla. |
10. Distribusi
|
Untuk
memasarkan produk es krim, kami merencanakan untuk melakukan pemasaran
melalui pengecer di Sekolah Dasar dan Menengah di wilayah sekitarnya.
Pengecer dapat berupa kantin-kantin sekolah maupun pengecer perorangan yang
ada di sekolah tersebut. Selain itu, untuk pemasaran pada konsumen umum dipasarkan
kepada pengecer di pasar-pasar sekitar.
|
11. Harga
|
Harga yang diterapkan perlu disesuaikan dengan manfaat yang diterima dari
produk susu. Penetapan harga ditentukan dengan pertimbangan biaya operasional
dan harga produk sejenis dengan merek lain agar tidak kalah bersaing dalam
soal harga. Harga yang ditetapkan adalah Rp. 1.900 per ukuran 200 ml.
Penetapan harga ini sesuai dengan biaya produksi dan target yang merupakan
siswa Sekolah Dasar dan Menengah.
HPP
= Total biaya operasional / tahun
Produksi / tahun
HPP
= Rp. 475.542.700 = Rp. 1.355
Rp.
351.000
Harga pokok penjualan (HPP)
tersebut diasumsikan dengan dibulatkan menjadi Rp. 1.355 per cupnya.
Harga jual es krim diperoleh dari
harga pokok penjualan (HPP) ditambah dengan asumsi keuntungan yang
diharapkan, dimana asumsi keuntungan tersebut sebesar 35 %.
Harga jual = HPP + (HPP x Presentase keuntungan) Harga jual = Rp. 1.355 + (Rp. 1.355 x 35 %) = Rp. 1.829 per cup. |
12. Latarbelakang perusahaan/produsen
|
Di Indonesia, es krim adalah salah satu jenis
makanan kecil yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat pada saat ini adalah
eskrim dijual mulai supermarket sampai warung. Es krim ini biasanya sebagai
makanan kecil di sela waktu makanan utama maupun sebagai pencuci mulut yang
dapat dikombinasikan dengan jenis makanan lain dalam menghidangkannya. Dengan
demikian memungkinkan konsumen untuk lebih sering mengkonsumsi es krim, terlebih pada musim kemarau. Mengingat
konsumen es krim terdiri dari berbagai kalangan usia dan sosial, berarti
industri es krim memiliki peluang pasar yang luas sehingga banyak bermunculan
produsen-produsen es krim lainnya di pasaran. PT. Unilever Tbk sebagai
produsen es krim yang menawarkan
produknya dalam berbagai jenis rasa dan ukuran secara satuan. PT Unilever Tbk
juga menawarkan dalam kemasan besar (kemasan keluarga) dengan rasa
beranekaragam tentunya memberikan alternatif bagi konsumen. Selain distribusi
yang cukup luas serta rasa yang cukup bervariasi membuat es krim tetap
menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat.
|
13. Kontak informasi
|
Pusat
Jakarta
Email : sales[at]tokomesin.com
|
14. HaKi
|
Pada 1905, anak berusia 11 tahun
bernama “Frank Epperson” ini lupa memindahkan soda dari alat pemutarnya
semalam suntuk. Hari berikutnya, Epperson mengaduk adonan soda dengan tongkat
kecil namun sebentuk campuran air beku menempel dan menciptakan es krim
pertama.
Karena
ketidak sengajaannya itu pula, hampir
dua puluh tahun kemudian, Epperson dewasa memiliki hak paten untuk membuat es
krim dan es loli pertama
|
III. Keju
1. Deskripsi produk
|
keju adalah produk yang dibuat dengan cara
mengkoagulasikan kasein susu, susu krim atau susu yang kaya dengan krim.
Koagulasi dapat dilakukan dengan koagulasi garam, asam atau enzim, pemekatan
atau kombinasinya. Jenis-jenis keju :
Keju Mozzarella, Keju Emmental, keju krim, keju Gouda, Keju Edam, keju Provolone, keju Pecorino, dll
|
2. Kebutuhan pasar
dan tantangannya
|
Keju sangat diminati oleh pecinta makanan ala barat,
karena makanan dengan campuran keju dirasa lebih nikmat, dan lebih bergizi.
Jadi, keju sangat besar peluang untuk penjualannya.
|
3. Target pasar
|
masyarakat menengah keatas
|
4. Fitur kunci/utama
|
Tingkat waktu fermentasi yang pas
|
5. Manfaat utama
|
kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.
Diantaranya adalah : Profil asam amino dalam keju cukup lengkap untuk
pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh dan tulang, Kaya riboflavin
yang bermanfaat membantu metabolisme karbohidrat dan menjaga kesehatan
membran mukosa, Kaya vitamin B12 dan asam folat dalam keju yang bermanfaat
membantu sintesa DNA, pematangan sel darah merah dan menjaga fungsi syaraf,
Kaya vitamin A yang penting bagi indra penglihatan, kesehatan kulit, jaringan
permukaan dan perlindungan terhadap infeksi, Kaya selenium yang penting untuk
sintesa suatu enzim antioksidan, Kaya fosfor yang bermanfaat sebagai
pembentuk ATP untuk produksi energi, pembentuk tulang dan gigi dan
keseimbangan asam basa, Kaya kalsium yang penting untuk pembentukan tulang
dan gigi, pembekuan darah, menjaga fungsi saraf, otot dan irama jantung, Keju
juga mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu meredakan setress,
membantu tidur dan mengurangi sindrom pra menstruasi, Kandungan kalori
dan karbohidratnya juga sangat rendah sehingga cocok sebagai makanan diet,
Mengandung banyak mineral sehingga sangat baik untuk melindungi gigi dari
kerusakan.
|
6. Proposisi nilai
|
Keju
sangat menyehatkan
|
7. Keunggulan kompetitif
|
produk yang dihasilkan merupakan hasil dari bahan
dasar susu yang berkualitas.
|
8. Ringkasan teknologi
|
Panci, Alat untuk mengemas,
|
9. Kategori produk
|
Makanan
|
10. Distribusi
|
melalui agen-agen
perwakilan (distributor) di Bandung, Batam, Bali dan lainnya
|
11. Harga
|
antara
Rp. 17.500 - Rp. 38.000 per 250 ons
|
12. Latarbelakang perusahaan/produsen
|
Keberadaan
pabrik keju Natura Gouda Chese yang berada di kawasan Bukit Baros Cempaka
(BBC) Kecamatan Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi memang tidak banyak diketahui
oleh masyarakat khususnya yang berada di Sukabumi. Namun siapa sangka pabrik
keju yang berdiri sejak tahun 1999 diatas lahan seluas 27 hektar yang
termasuk dalam kawasan BBC tersebut merupakan satu-satunya pabrik pembuat
keju asli pertama di Indonesia. Setiap harinya pabrik keju Natura mampu
mengolah 5 ton susu sapi murni menjadi 490 kg keju asli dengan proses
pematangan bisa mencapai 1-2 bulan tergantung jenis keju yang akan
diproduksi. Dimana untuk bahan baku susunya sendiri berasal dari peternakan
sapi yang ada di beberapa wilayah Sukabumi, seperti di Kecamatan Sukaraja,
Cikembar dan peternakan sapi milik warga yang terdapat di sekitar pabrik.
|
13. Kontak informasi
|
Natura
Gouda Chese, Sukabumi
|
14. HaKi
|
-
|
IV. Yogurt
1. Deskripsi produk
|
Yogurt adalah perkembangan dari bahan olahan susu.
Bentuk fisik dari yogurt mirip dengan ice cream. Rasa yogurt adalah asam,
karena adanya proses fermentasi.
|
2. Kebutuhan pasar
dan tantangannya
|
Potensi dari usaha yogurt ini sangat besar, karena
mengingat bahwa produk ini merupakan produk yang masih baru dan jarang
beredar di masyarakat. Jauh lebih awet tanpa perlu menggunakan pengawet kimia
dan harga jual sangat tinggi membuat margin keuntungannya bisa mencapai
ratusan persen.
|
3. Target pasar
|
Semua kalangan masyarakat
|
4. Fitur kunci/utama
|
beragam rasa buah yang digabungkan
|
5. Manfaat utama
|
-
Menyehatkan pencernaan
-
Mengurangi resiko infeksi
pada vagina
-
Menurunkan resiko darah
tinggi
-
Mencengah osteoporosis
-
Membantu kita lebih
kenyang
|
6. Proposisi nilai
|
Yogurt
yang menyehatkan tubuh, sangat digemari oleh masyarakat, khususnya anak muda.
|
7. Keunggulan kompetitif
|
Kualitas susu yang digunakan harus yang baik, karena
mempengaruhi kualitas yogurt pula. Sehingga konsumen puas menikmati produk
yang diolah.
|
8. Ringkasan teknologi
|
Hanya membutuhkan panci untuk merebus, tempat susu,
kardus serta bohlam untuk menghangatkan Susu.
|
9. Kategori produk
|
Minuman
|
10. Distribusi
|
pasar lokal, meliputi
Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya
|
11. Harga
|
Rp. 10.000/cup(200ml)
|
12. Latarbelakang perusahaan/produsen
|
PT.
Toi Froyo
Jl.
Wates Km. 10 Yogyakarta
Pemilik
: Rini Widiastuti
|
13. Kontak informasi
|
081226732680
|
14. HaKi
|
-
(dalam proses)
|
V. Permen Susu
1. Deskripsi produk
|
Proses pembuatan permen susu karamel menggunakan
bahan utama susu sapi yang dimasak hingga kental, campurkan gula pasir 1% -
2% dari volume susu ( 10gr-20gr/liter susu ) dan agar-agar 1gr, aduk terus
sampai susu menggumpal. Setelah
adonan berwarna coklat dan padat, ia dipindahkan ke tempat penghalusan dan
penipisan. Proses selanjutnya adalah dihaluskan, didiamkan sebentar, kemudian
dipotong-potong. Proses penghalusan harus dilakukan ketika adonan masih panas
agar lebih mudah dibentuk. Selanjunya, permen dibentuk dan dipotong-potong.
Memotong permen karamel memang agak sulit, sehingga pisau yang digunakan
harus benar-benar tajam. Di ruangan yang sama dengan ruangan
pemotongan, dilakukan juga kegiatan pengemasan permen karamel. Yang harus
diperhatikan dalam proses pengemasan adalah lipatan kertas. Sebelumnya,
permen karamel harus disortir dan dipisahkan dari permen yang ukurannya tidak
ideal. Sebelum permen dikemas, permen harus ditimbang lebih dahulu sebelum
akhirnya dibawa ke ruang pengemasan akhir.
|
2. Kebutuhan pasar
dan tantangannya
|
Makanan
siap konsumsi, mudah dibawa serta sehat seperti permen susu, selain rasa
permen manis yang menenangkan pikiran juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh
terutama protein dan kalsium.
Dalam pengiriman produk ke daerah panas seperti
Jakarta, produk permen akan mudah meleleh.
|
3. Target pasar
|
Anak
kecil dan masyarakat yang menyukai susu.
|
4. Fitur kunci/utama
|
Rasa
caramel sebagai pembeda dengan permen susu sapi yang lain dan juga ada permen
yang rasanya strawberry.
|
5. Manfaat utama
|
Pada
permen susu ini terdapat protein dan kalsium yang sehat bagi tubuh.
|
6. Proposisi nilai
|
Banyak masyarakat yang menyukai,
wisatawan-wisatawan juga sering datang memesan produk permen susu caramel.
|
7. Keunggulan kompetitif
|
Kualitas
susu dan produk yang dihasilkan sesuai standar kepuasan konsumen.
|
8. Ringkasan teknologi
|
Hanya
membutuhkan kuali atau wajan, pengaduk kayu, pemanas, cetakan dan timbangan
|
9. Kategori produk
|
Makanan
|
10. Distribusi
|
Wilayah
Jawa Barat, dijual secara langsung ke toko-toko. Wilayah Jakarta dan luar
Jawa Barat memesan melalui internet dan kirim lewat pengiriman dengan minimal
order 10 kg.
|
11. Harga
|
Rp
15.000/kg
|
12. Latarbelakang perusahaan/produsen
|
Pabrik
permen susu karamel ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Ibu Idah Datipah
adalah pemilik usaha pabrik susu
caramel. Usaha ini diawali dari ide segarnya untuk memanfaatkan sisa susu
sapi yang terbuang untuk kemudian diolah menjadi makanan siap konsumsi. Bu
Ipah dibantu dengan keluarganya pun mulai meracik sendiri resep sederhana
pembuatan permen susu karamel. Seiring dengan mengalirnya pesanan permen
karamel, Bu Ipah pun memperluas penjualan permennya. Dan kini, usaha yang
setiap bulannya bisa meraup omset hingga 200 juta rupiah. Setiap harinya,
proses produksi dimulai sejak pagi. Jika dulu Bu Ipah mengantarkan susu
segarnya ke pengumpul susu, kini ia mendapatkan susu sapi segar dari koperasi
setempat. Setiap hari, koperasi mengantarkan 700 liter susu segar kepada Bu
Ipah
|
13. Kontak informasi
|
Jl. Chincona No.4 Sukamenak RT.04/XVIII
Pangalengan
Hj.
Ipah Datipah : 022-85970122
081809657965
08172304202
|
14. HaKi
|
TK
Caramel
|
No comments:
Post a Comment