1. Profil
Nama Pemilik : Bapak Yanto
Nama Usaha : Bakso ABC
Jenis Usaha : Kuliner (Makanan)
Alamat : Persimpangan ABC Salatiga
Sejarah Usaha : 1984 - 1998 Pemilik menjual bakso keliling dengan
menggunakan pikulan dan gerobak
1998 - sekarang Pemilik menempati tempat permanen
hingga sekarang
2. Visi dan Misi
Visi bakso ABC
adalah:
Menjadikan Bakso ABC sebagai usaha makanan tradisional cepat saji yang praktis, higienis, sehat, bergizi dan terdepan di wilayah Salatiga.
Misi bakso ABC adalah:
Menjadikan Bakso ABC sebagai usaha makanan tradisional cepat saji yang praktis, higienis, sehat, bergizi dan terdepan di wilayah Salatiga.
Misi bakso ABC adalah:
1.
Peningkatan
mutu produk Bakso ABC terhadap kualiatas bakso, jenis produk dan
peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
2.
Selalu
melakukan inovasi terhadap semua aspek Bakso ABC, baik dari
variasi menu yang disajikan sampai model pelayanan kepada pelanggan.
Tujuan
bakso ABC adalah:
1.
Ingin menjadi bakso yang ingin dikenal di Salatiga.
2.
Ingin mengembangkan usaha Bakso ABC yang sudah ada
sekarang.
Strategi bakso ABC adalah:
1.
Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
2.
Menjaga tempat selalu bersih dan pelayanan yang cepat.
3.
Memberikan kualitas produk yang terbaik.
4.
Memberikan harga yang bisa dijangkau semua kalangan
3. Identifikasi Faktor Kekuatan dan Kelemahan
No
|
Faktor
Internal
|
Identifikasi
|
Kekuatan
|
||
1
|
Memiliki bumbu rahasia
|
Bakso ABC
memproduksi baksonya sendiri dan memiliki bumbu rahasia, sehingga cita rasa
yang diciptakan menggungah selera konsumen
|
2
|
Tempat strategis
|
Tempat yang
berada tepat di persimpangan jalan antara jalan menuju ke Solo, Semarang serta jalan masuk ke jantung kota Salatiga, membuat Bakso ABC ini
menjadi sasaran empuk penikman kuliner.
|
3
|
Harga terjangkau
|
Harga yang
ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp. 6.000,00 per prosi, sehingga
masyarakat secara umum dapat menikmati Bakso ABC ini.
|
4
|
Memiliki mesin penggilingan
sendiri
|
Menghemat biaya
produksi untuk pembuatan bakso
|
5
|
Tempat usaha sudah menjadi hak
milik
|
Tempat usaha
sudah menjadi hak milik adalah kekuatan tersendiri, sehingga tempat usaha ini
sudah paten dan tidak dapat berpindah-pindah
|
6
|
Memiliki pekerja yang cekatan
|
Karyawan
diambil dari suadara-saudara dekat yang sedang menganggur, sehingga kinerja
dari karyawan yang cekatan menjadi kekuatan Bakso ABC ini.
|
7
|
Fasilitas yang baik
|
Faisilitas
yang ditawarkan oleh bakso ABC ini adalah ruangan yang besih, serta terdapat
televisi agar konsumen dapat melihat televisi sambil menikmati hidangan yang
disajikan oleh Bakso ABC
|
8
|
Tempat bersih
|
Tempat yang
bersih adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh rumah makan, karena
hal tersebut mencerminkan kehigenisan hidangan yang disajikan
|
9
|
Memasak bakso sendiri
|
Memasak bakso
sendiri adalah keunggulan yang ada di bakso ABC, karena pemilik dapat
mengontrol dan mengawasi proses pembuatan bakso tersebut
|
10
|
Memiliki ijin BPOM
|
Ijin BPOM
sangat penting, karena hal tersebut menjamin apakah makanan yang disajikan ke
konsumen aman dikonsumsi.
|
Kelemahan
|
||
11
|
Sering terjebak isu-isu daging
babi, boraks
|
Isu-isu
tersebut sangatlah sering disuarakan, akan tetapi pemilik tidak mau menggunakan
daging babi ataupun boraks untuk memproduksi baksonya.
|
12
|
Harga daging mahal
|
Harga daging
sapi yang semakin hari semakin mahal ini menjadi kelemahan tersendiri, karena
bahan baku
terbuatdari daging sapi
|
13
|
Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
|
Harga
bumbubumbu juga sangat penting, karena sebagai pelengkap membuat kuah ataupun
bakso.
|
14
|
Tempat parkir tidak memadai
|
Tempat parkir
yang menggunakan bahu jalan serta trotoar ini merupakan kelemahan terbesar,
karena kapasitas parkir sangatlah terbatas dan sangat mengganggu pejalan
kaki.
|
4. Matriks Evaluasi Faktor Interal (Internal Factor Evaluation / IFE)
No
|
Faktor
Internal
|
Bobot
|
Peringkat
|
Jumlah
|
1
|
Memiliki bumbu rahasia
|
0.05
|
4
|
0.2
|
2
|
Tempat strategis
|
0.1
|
4
|
0.4
|
3
|
Harga terjangkau
|
0.1
|
4
|
0.4
|
4
|
Memiliki mesin penggilingan
sendiri
|
0.025
|
3
|
0.075
|
5
|
Tempat usaha sudah menjadi hak
milik
|
0.05
|
4
|
0.2
|
6
|
Memiliki pekerja yang cekatan
|
0.025
|
3
|
0.075
|
7
|
Fasilitas yang baik
|
0.05
|
3
|
0.15
|
8
|
Tempat bersih
|
0.1
|
3
|
0.3
|
9
|
Memasak bakso sendiri
|
0.05
|
4
|
0.2
|
10
|
Memiliki ijin BPOM
|
0.1
|
4
|
0.4
|
11
|
Sering terjebak isu-isu daging
babi, boraks
|
0.
5
|
2
|
0.1
|
12
|
Harga daging mahal
|
0.1
|
2
|
0.2
|
13
|
Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
|
0.1
|
2
|
0.2
|
14
|
Tempat parkir tidak memadai
|
0.1
|
1
|
0.1
|
|
Jumlah Skor
|
1
|
|
3
|
Kelemahan utama
(peringkat=1), kelemahan kecil (peringkat=2), kekuatan kecil (peringkat=3),
atau kekuatan utama (peringkat=4)
Usaha Bakso ABC ini memiliki
jumah skor 3, yaitu diatas 2.5 yang menunjukan posisi internal yang kuat.
5.
Matriks
Profil Kompetitif (CPM)
NO
|
FAKTOR
PENENTU
|
BOBOT
|
BAKSO ABC
|
BAKSO JEROAN PALANG
|
||
PERINGKAT
|
NILAI
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
|||
1.
|
Cita Rasa
|
0.2
|
3
|
0.6
|
3
|
0.6
|
2.
|
Variasi Makanan
|
0.2
|
2
|
0.4
|
4
|
0.8
|
3.
|
Lokasi
|
0.3
|
4
|
1.2
|
2
|
0.6
|
4.
|
Fasilitas
|
0.1
|
2
|
0.2
|
3
|
0.3
|
5.
|
Dikenal Masyarakat Luas
|
0.2
|
4
|
0.8
|
2
|
0.4
|
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
3.2
|
|
2.7
|
Keterangan :
1
: Kelemahan Utama
2
: Kelemahan Minor
3
: Kekuatan Minor
4
: Kekuatan Utama
Dapat disimpulkan, bahwa Bakso ABC lebih
unggul dari pesaingnya, yaitu bakso jeroan palang, dengan skor 3.2.
6.
Identifikasi Faktor Peluang
dan Ancaman
NO
|
FAKTOR
EKSTERNAL
|
Identifikasi
|
Peluang
|
||
1.
|
Adanya
perubahan gaya
hidup masyarakat sehubungan dengan
tumbuhnya
tingkat perekonomian yakni gaya
hidup konsumtif.
|
Gaya hidup konsumtif
ini mengakibatkan masyarakat tidak mau ribet, dengan membeli makanan siap
saji, maka waktu yang terbuang tidaklah banyak, karena tidak harus memasak
terlebih dahulu.
|
2.
|
Di kenalnya
produk bakso khas Salatiga hampir di seluruh
daerah
di Indonesia.
|
Bakso ABC ini
sudah banyak diliput oleh televisi nasional Indonesia,
sehingga dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia, jadi Bakso ABC ini
sangat terkenal di luar Salatiga
|
Ancaman
|
||
3.
|
Tidak bisa membuka cabang
|
Dikarenakan
pemilik masuk dalam paguyuban penjual bakso di Salatiga, pemilik belum bisa
membuka cabang di area salatiga, karena pemilik memiliki rasa rikuh untuk
mendirikan cabang baru
|
4.
|
Tidak bisa mengontrol harga dan
kualitas dari bahan pelengkap ( mie, saus, kecap)
|
Karena mie,
saus, kecap tidak diproduksi sendiri, pemilik tidak dapat mengontrol kualitas
dan harga pembelian bahan pelengkap itu
|
5.
|
Banyak
munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem yangsejenis juga.
|
Munculnya
banyak pesaing serupa yang semakin banyak
|
6.
|
Strategi
bisnis yang mudah ditiru
|
Karena menjual
bakso dirasa cukup mudah, strategi tersebut dapat mudah ditiru oleh pesaing.
|
7. Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (External Factor Evaluation / EFE)
NO
|
FAKTOR
EKSTERNAL
|
BOBOT
|
PERINGKAT
|
JUMLAH
|
1.
|
Adanya
perubahan gaya
hidup masyarakat sehubungan dengan
tumbuhnya
tingkat perekonomian yakni gaya
hidup konsumtif.
|
0.2
|
2
|
0.4
|
2.
|
Di kenalnya
produk bakso khas Salatiga hampir di seluruh
daerah
di Indonesia.
|
0.2
|
2
|
0.4
|
3.
|
Tidak bisa membuka cabang
|
0.2
|
2
|
0.4
|
4.
|
Tidak bisa mengontrol harga dan
kualitas dari bahan pelengkap ( mie, saus, kecap)
|
0.1
|
2
|
0.2
|
5.
|
Banyak
munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem yang
sejenis
juga.
|
0.1
|
2
|
0.2
|
6.
|
Strategi
bisnis yang mudah ditiru
|
0.2
|
2
|
0.4
|
|
Jumlah
skor
|
1
|
|
2
|
4=jawaban superior, 3=jawaban di atas rata-rata, 2=jawaban
rata-rata, 1=jawaban jelek
Dengan melihat
hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa bakso ABC masih kurang memanfaatkan
peluang yang ada, serta masih kurang dapat menangani ancaman yang terdapat di
lingkungan eksternal usaha bakso tersebut, karena jumlah akhir skor masih di
bawah 2,5.
8. Matriks SWOT
|
Strengh
-
Memiliki bumbu rahasia
-
Tempat strategis
-
Harga terjangkau
-
Memiliki mesin penggilingan sendiri
-
Tempat usaha sudah menjadi hak milik
-
Memiliki pekerja yang cekatan
-
Fasilitas yang baik
-
Tempat bersih
-
Memasak bakso sendiri
-
Memiliki ijin BPOM
|
Weakness
-
Sering terjebak isu-isu daging babi, boraks
-
Harga daging mahal
-
Harga kebutuhan bumbu-bumbu mahal
-
Tempat parkir tidak memadai
|
Opportunity
-
Adanya perubahan gaya
hidup masyarakat sehubungan dengan tumbuhnya tingkat perekonomian yakni gaya hidup konsumtif.
-
Di kenalnya produk bakso khas Salatiga hampir di
seluruh daerah di Indonesia.
|
-
Mempertahankan
harga agar pelanggan tidak berpindah haluan
-
Lebih
memiliki menu yang bervariatif, sehingga pelanggan tidak bosan
|
-
Meyakinkan pembeli dengan memasang sertifikat dari
BPOM di ruang makan pembeli
-
Membeli sebidang tanah dekat dengan usaha ini, untuk
digunakan lahan parkir
-
Mengubah esdikit komposisi bahan baku
|
Threat
-
Tidak bisa mengontrol harga dan kualitas dari bahan
pelengkap ( mie, saus, kecap)
-
Tidak bisa membuka cabang
-
Banyak munculnya pengusaha sejenis dan dengan sistem
yang
sejenis juga.
-
Strategi bisnis yang mudah ditiru
|
-
Mempertahankan
harga
-
Memberikan
menu yang lebih bervariatif
-
Menyediakan
lahan parkir yang baik
-
Tetap
mengandalkan kelebihan bakso yang dibuat
|
-
Mempertahankan citarasa
-
Mempertahankan harga
-
Memiliki diverensiasi
|
9.
Matriks BCG
(Boston
Consulting Group)
Matriks BCG adalah perangkat strategi
untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa
pasar dan pertumbuhan UBS.Matriks BCG merupakan empat kelompok bisnis, yaitu :
- Bintang (Star) Bisnis di kuadran II (disebut juga Bintang) bakso ABC memiliki pangsa pasar menengah ke bawah, yang mendominasi keragaman masyarakat di Salatiga. Dengan memberikan harga Rp. 6.000,00 per porsi, bakso ABC merupakan bakso yang dapat dikatakan murah. Letak yang sangat strategis menjadikan bakso ABC mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat luas, serta dapat menjadi makanan khas yang wajib dikunjungi oleh pelancong dari luar kota, yang singgah ataupun melewati kota Salatiga
10.
Rekomendasi
1. Strategi
Bakso ABC sudah cukup
terkenal di luar kawasan Salatiga, akan tetapi tetap perlu mensiasati untuk
agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, dengan lokasi yang cukup
strategis, Bakso ABC diharapkan dapat memasang spanduk, ataupun baliho disekitar
area jalan raya Solo Semarang, agar lebih banyak yang dapat mengetahui
keberadaan Bakso ABC ini.
2. Kebijakan
Dengan banyaknya beredar
isu-isu daging babi, boraks, dll. diharapkan agar Bakso ABC mendaftarkan ke
MUI, untuk mendapatkan sertifikat berlabel halal, agar konsumen dapat percaya
dan dapat semakin meyakinkan konsumen. Inspeksi yang dilakukan oleh BPOM setiap
hari jumat, agar terus dilakukan, agar terjaga kualitas serta cita rasanya.
3. Prosedur
Prosedur yang dilakukan
oleh pemilik serta karyawan Bakso ABC sudah cukup baik.
4. Penilaian
Strategi
Strategi yang dilakukan
Bakso ABC sudah sangat baik, dengan harga bersaing dan tidak menaikan harga
baksonya, Bakso ABC lebih digemari oleh masyarakat luas.
5. Implementasi
Pelaksanaan yang
dilakukan oleh pemilik dan karyawan sudah cukup baik, sehingga konsumen dapat
terlayani dengan baik.
terimakasih telah menulis artikel yang mengandung banyak ilmu gan, sangat positif dan bermanfaat..
ReplyDeleteAplikasi Kasir Warung