Thursday, April 25, 2013

Contoh Analisis Jurnal



Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merk
(Studi Kasus Restoran The Prime & Ribs Surabaya)

1.      Judul                            : Pengaruh Kepuyasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merk
   (Studi Kasus Restoran The Prime & Ribs Surabaya)

2.      Penulis                         : Hatane Samuel Foedjiawati
  Staff Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra
  Surabaya

3.      Tahun                          : 2005

4.      Penerbit                      : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7, No. 1, maret 2005


5.      Persoalan                    :
-  Bagaimana penilaian terhadap Restoran The Prime & Ribs Surabaya dengan menganalisis menggunakan Attributes related to the product, Attribure Related to Service, Attribute Related to Purchase?
-          Bagaimana penilaian kesetiaan merk terhadap Restoran The Prime & Ribs Surabaya ?
-   Bagaimana hubungan antara kepuasaan konsumen dengan kesetiaan merek pada Restoran The Prime & Ribs Surabaya ?

6.      Fokus Masalah            : Analisis Pengaruh Kepuyasan Konsumen Terhadap Kesetiaan
  Merk

7.      Konsep Utama             : Kepuasan Konsumen

8.      Konsep Turunan          :
a.      Attributes related to the product     :
-          Value Price Relationship
Faktor sentral dalam menentukan kepuasan konsumen, apabila nilai yang diperoleh konsumen melebihi apa yang dibayar, maka suatu dasar penting dari kepuasan konsumen telah tercipta.
-          Product Quality
Penilaian dari mutu suatu produk
-          Product Benefit
Manfaat yang dapat diperoleh konsumen dalam menggunakan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dan kemudian dapat dijadikan dasar positioning yang membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya.
-          Product Feautures
Ciri-ciri tertentu yang dimiliki suatu produk, sehingga berbeda dengan produk yang ditawarkan pesaing.
-          Product Desain
Proses untuk merancang gaya dan fungsi produk yang menarik dan bermanfaat.
-          Product Realibility and Consistency
Kekakuratan dan keandalan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka eaktu tertentu dan menunjukkan pengiriman produk pada suatu tingkat kinerja khusus.
-          Range of Product or Services
Macam dari produk/jasa pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan.
b.      Attribure Related to Service
-          Guarantee or Warranty
Jaminan yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap suatu produk yang dapat dikembalikan bila kinerja produk tersebut tidak memuaskan.
-          Delivery
Kecepatan dan ketepatan dari proses pengiriman produk dan jasa yang diberikan perusahaan terhadap konsumennya.
-          Complaint Handling
Penanganan keluhan yang dilakukan oleh konsumen terhadap perusahaan.
-          Resolution of Problem
Kemampuan perusahaan dengan serius dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

c.       Attribute Related to Purchase
-          Courtesy
Kesopanan, perhatian, pertimbangan, keramahan yang dilakukan karyawan dalam melayani konsumennya.
-          Communication
Proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh karyawan perusahaan kepada konsumennya.
-          Case of  Convenience Acquisition
Kemudahan untuk mendapatkan pengetahuan tentang produk dari perusahaan.
-          Company Reputation
Reputasi yang dimiliki perusahaan dapat mempengaruhi pandangan konsumen terhadap perusahaan tersebut yang akan mengurangi ketidakpastian dan resiko dalam keputusan pembelian.
-          Company Competence
Kemampuan suatu perusahaan untuk mewujudkan permintaan yang diajukan oleh konsumen dalam memberikan pelayanan.

9.      Devinisi dan Penalaran           :
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya.

Definiendum               : Kepuasan
Definiens                     : Perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara 
                                      kesannya terhadap kinerja (hasil) sesuatu produk dengan harapannya
Genus Proximum        : Perasaan senang atau kecewa seseorang
Differentia Specifica   : Berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja
  (hasil) sesuatu produk dengan harapannya

No comments:

Post a Comment

loading...