1.
Apa cakupan dan jenis-jenis jejaring?
a. Jejaring Operasional, dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan internal saat ini. Anda harus
membangun hubungan kerja yang baik dengan semua pihak yang dapat membantu
menyelesaikan pekerjaan. Tujuannya adalah untuk koordinasi dan kerjasama antara
semua pihak yang harus saling mengenal dan saling percaya agar dapat
menyelesaikan pekerjaan dengan baik.
b. Jejaring Personal, diperlukan untuk pengembangan diri. Melalui asosiasi profesi, ikatan
alumni dan berbagai perkumpulan. Hal ini dapat memperoleh perspektif baru yang
dapat membantu untuk meningkatkan karir. Kontak yang dibangun dapat memberi
referensi, informasi dan seringkali pengembangan diri melalui coaching dan
mentoring.
c. Jejaring Strategis, membuka mata Anda pada arah bisnis baru dan para pemangku kepentingan
yang perlu dilibatkan. Jejaring
strategis adalah relasi dan sumber informasi yang memberikan kekuatan pada Anda
untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi kedepan. Yang membedakan para
pemimpin dari para manager adalah kemampuan mereka untuk menentukan arah kedepan
serta kemampuan melibatkan pihak-pihak yang dibutuhkan untuk sampai kesana.
2.
Apa pemahaman anda tentang pernyataan
di bawah ini?
-
Public relation is much more
powerfull than advertising.
Public relation (PR) atau
kehumasan mampu menjangkau ke luar (eksternal) dan ke dalam (intemal). Dalam
hal ini, PR bisa memiliki cara yang lebih baik yang bisa lebih menyentuh dan
mendorong seseorang untuk percaya sehingga dalam prakteknya efektif. Fungsi PR
dalam kaitannya baik di dalam maupun ke luar jika orang-orang tersebut berada
dalam posisi yang tepat maka PR adalah sesuatu yang lebih baik dibandingkan
segala jenis periklanan yang ada karena lebih ampuh mendekati orang-orang
dengan kemampuannya yang lebih mengenal selera orang yang ditawarkan. Hal ini
pula dapat berkaitan dengan perbedaan antara periklanan yang menggunakan media,
sedangkan PR dengan cara tatap muka langsung. Sehingga informasi yang diberikan
lebih jelas.
3.
Jelaskan langkah-langkah membangun
jejaring!
a. Alokasi ulang waktu Anda, alokasikan
waktu untuk membangun jejaring.
b. Mulailah membangun jejaring sekarang.
c. Peliharalah jejaring, makan waktu
sampai jejaring bisa memberikan manfaat.
d. Cari kesempatan untuk memberi dan
menerima dalam jejaring yang sudah dibangun.
e. Bukan hanya jumlah jejaring yang
menentukan, kualitas hubungan sangat penting.
No comments:
Post a Comment